8 Grup Kpop Debut Tanpa Pemimpin, Ada BLACKPINK hingga SECRET NUMBER

Icon CameraRafly Abdul Aziz
Rabu 09 November 2022 13:46 WIB
8 Grup Kpop Debut Tanpa Pemimpin, Ada BLACKPINK hingga SECRET NUMBER
Deretan grup Idol Kpop yang debut tanpa leader. (Foto: celebrities.id/Instagram @blackpinkblinkindo)

SEOUL, celebrities.id - Sangat umum bagi grup Kpop memiliki satu orang yang ditunjuk sebagai leader. Namun, ada delapan grup populer yang ternyata debut tanpa pemimpin, termasuk BLACKPINK yang namanya kini mendunia.

Peran seorang leader di dalam suatu grup Kpop cukup penting. Dia punya tanggung jawab besar baik sebagai penengan di dalam grup, membuat keputusan, komunikator antara grup dan agensi, dll. Saking pentingnya peran leader, bahkan ada beberapa grup yang memiliki tak hanya satu tapi dua sekaligus.

Walaupun peran leader sangat penting, akan tetapi beberapa grup debut tanpa menunjuk seseorang untuk menjadi pemimpin dan memilih membagi tugas. Tidak memiliki pemimpin, nyatanya juga tetap membuat grup-grup ini tetap berjalan dengan baik.

Lantas, grup mana saja yang sejak debut hingga sukses tidak memiliki pemimpin? Berikut daftarnya yang telah celebrities.id lansir dari Allkpop, Rabu (9/11/2022).

Deretan Grup Idol Kpop tanpa Leader

1. BLACKPINK

Girl group besutan YG Entertainment BLACKPINK, kini dikenal sebagai girl group terbesar di dunia. Terdiri dari Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa, BLACKPINK memulai debutnya pada 2016 tanpa seorang pemimpin. 

Dalam penampilan tamu mereka di “Knowing Brothers,” Lisa menjelaskan bahwa BLACKPINK tidak memiliki pemimpin karena keempat anggota grup memiliki hal-hal yang mereka kuasai. Mereka semua  juga memiliki kualitas kepemimpinan tertentu yang tanpa ditunjuk, akan tahu tugas dan fungsi masing-masing di dalam grup. Meski demikian, banyak fans menyebut anggota tertua, yakni Jisoo sebagai pemimpin tidak resmi BLACKPINK.

 

1
/
3