8 Kebiasaaan Buruk Merawat Rambut, Nomor 3 Wajib Dihindari 

Laras Dwi Sasmita
Senin 26 Juli 2021 16:15 WIB
8 Kebiasaaan Buruk Merawat Rambut, Nomor 3 Wajib Dihindari 
Jangan sampai salah perawatan rambut. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Rambut sering disebut mahkota indah wanita. Tetapi tanpa disadari aktivitas sehari-hari dapat merusak kesehatan rambut. 

Namun, banyak cara mudah dalam merawat rambut agar tumbuh dan terawat dengan baik. Hanya saja, cara tersebut dapat gagal jika tidak merubah kebiasaan buruk yang dapat merusak rambut. 

Melansir Nowtolove, Senin (26/7/2021), berikut delapan kebiasaan buruk merawat rambut yang harus dihindari.

1. Terlalu Sering Mengikatnya

Menarik rambut ke belakang dengan kencang sepanjang waktu dapat membuat kulit kepala terlalu tegang dan akhirnya menyebabkan kondisi yang disebut traksi alopecia. Terutama umumya terjadi pada sekitar garis rambut dan pelipis, dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen. 

Hindari kebiasan memakai gaya rambut yang sama, terutama jika ketat. Kemduain dapat diganti dengan gaya rambut yang terurai dan longgar.

2.  Menggunakan ikatan rambut yang salah

Ikatan rambut seperti karet gelang sebenarnya dapat membuat retakan kecil pada batang rambut, sehingga dapat  melemahkan fungsi akar rambut menjadi rusak. Ubahlan kebiasan ini dengan menggunakan ikat rambut yang lembut. Kemudian usahakan untuk tidak mengikat rambut di tempat yang sama sepanjang waktu, terutama ketika sedang tidur.

3. Meluruskan Rambut dalam Keadaan Basah

Panas ekstrem dari alat pelurus atau tongkat pengeriting rambut dengan kelembapan di dalamnya dapat memunculkan uap. Rambut menjadi terbakar dan satu-satunya cara memperbaiki masalah itu dengan memotongnya.

Untuk menghindari itu, pastikan rambut 100 persen kering sebelum menata rambut dengan panas. Karena pelindung panas pun tidak akan melindunginya saat basah tetapi merusaknya.

 

1
/
2