8 Negara di Dunia yang Dihuni Banyak Orang Indonesia, Australia hingga Arab Saudi

Wilda Fajriah
Jumat 20 Mei 2022 00:38 WIB
8 Negara di Dunia yang Dihuni Banyak Orang Indonesia, Australia hingga Arab Saudi
Negara di dunia yang dihuni banyak orang Indonesia, Australia hingga Arab Saudi. (Foto: celebrities.id/channelnewsasia)

JAKARTA, celebrities.id - Merantau bukan suatu istilah yang asing didengar masyarakat Indonesia. Bisa dibilang hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk merantau.

Bukan hanya merantau dengan berpindah kota atau pulau saja, ternyata banyak penduduk Indonesia yang juga merantau ke luar negeri. Ada banyak alasan mengapa mereka memilih untuk merantau, salah satunya karena menikah dengan orang asing, menyelesaikan pendidikan, atau bahkan mencari uang.

Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/5/2022), berikut delapan negara yang ternyata banyak dihuni perantau Indonesia.

1. Australia

Orang Indonesia banyak berdomisili di Australia. Dilihat dari sejarah ternyata sudah banyak para pelaut kita dahulu melakukan penjelajahan di sepanjang garis pantai negeri kanguru itu. Di tahun 1.900-an, para pelaut Bugis dengan kapal Phinisi kebanggaannya pernah melakukan pelayaran ke Australia. Aktivitas pelayaran itu dijadikan rutinitas tahunan. Bahkan mereka rela menetap berbulan-bulan di sana.

Inilah yang menyebabkan banyaknya orang Indonesia berada di Australia. Di era modern saat ini juga banyak orang Indonesia hijrah ke Aussie untuk menempuh pendidikan ataupun bekerja.

2. Belanda

Belanda ialah salah satu negara Eropa yang banyak dihuni orang Indonesia. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Selain dari segi historis, di mana Belanda dulu merupakan penjajah Indonesia, faktor perbaikan ekonomi juga menjadi pendorong orang pribumi pindah ke sana.

Dahulu banyak orang Indonesia tertarik untuk pindah ke negeri kincir angin lantaran melihat tentara kompeni yang hidupnya sangat makmur. Tercatat, lebih kurang 395 ribu jiwa orang Indonesia ada di sana.

Uniknya, sebagian besar orang Indonesia di sana adalah warga Maluku. Rata-rata mereka dulu adalah bekas atau keturunan para serdadu Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) atau tentara Kerajaan Hindia Belanda.

 

1
/
3