8 Tips Merawat Rambut Keriting secara Alami, Pilih Sampo dan Lakukan Perawatan Tepat

Sri Lestari Rahayuningtyas
Rabu 01 Juni 2022 13:08 WIB
8 Tips Merawat Rambut Keriting secara Alami, Pilih Sampo dan Lakukan Perawatan Tepat
Cara merawat rambut keriting dengan alami. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Rambut keriting tentu punya cara tersendiri dalam merawatnya. Hal itu karena rambut ikal dan keriting memiliki ciri tertentu tiap helainya.

Terlalu sering membasuh ataupun keramas rambut ternyata itu cara yang salah. Rambut Anda justru rentan mengalami bercabang dan kering di tiap helainya.

Melansir dari Skinkraft, Rabu (1/6/2022), berikut ini ada delapan tips merawat alami rambut keriting.

1. Pilih sampo yang tepat

Mencuci rambut Anda adalah langkah pertama dan terpenting dalam rutinitas perawatan rambut jenis apapun, terlepas dari tekstur rambut. Mencuci atau membersihkan memastikan tidak ada debu, minyak berlebih, sel kulit mati dan penumpukan produk sisa vitamin atau serum di kulit kepala Anda.

Gunakan sampo ringan yang bebas dari bahan kimia beracun seperti sulfat, silikon, alkohol, dan paraben yang dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Sulfat sendiri adalah pelopor busa sementara, sedangkan paraben itu pengawet yang digunakan dalam produk perawatan rambut Anda.

Beralih ke formula surfaktan ringan, nonfragrance (bebas pewangi), bebas sulfat, bebas silikon, dan bebas paraben di sampo Anda. Pilih yang lebih natural dan alami, apalagi untuk keinginan Anda memiliki rambut sehat.

2. Jangan keramas berlebih

Seperti yang sudah diingatkan, rambut keriting cenderung mudah mengalami kering. Keramas berlebihan pada rambut Anda dapat menyedot kelembapan alaminya.

Cari bahan pelembap dan bagus di kondisioner Anda. Hal ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa kutikula rambut Anda tertutup rapat dan terlindungi dari kerusakan lingkungan.

3. Perawatan sebelum pakai sampo

Perawatan sebelum keramas adalah suatu kebahagiaan bagi mereka yang memiliki rambut keriting. Hal ini dapat membantu dalam merawat tekstur keriting dari rambut Anda.

Oleskan masker rambut atau minyak ke rambut kering Anda dengan memisahkan bagian rambut. Biarkan rambut dalam perawatan kondisioner selama 20 menit.

Anda bisa memakai topi mandi atau handuk untuk menahan panas dan membuka kutikula. Tujuan nya tentu saja, memastikan bahwa kondisioner menembus rambut Anda dengan baik.

 

1
/
2