9 Cara Ampuh Atasi Knalpot Mobil Bocor, Salah Satunya Pakai Bungkus Rokok

Tangguh Yudha
Rabu 03 Agustus 2022 13:16 WIB
9 Cara Ampuh Atasi Knalpot Mobil Bocor, Salah Satunya Pakai Bungkus Rokok
Cara ampuh atasi knalpot mobil bocor. (Foto: celebrities.id/Freepic)

JAKARTA, celebrities.id - Knalpot memiliki fungsi penting pada mobil sebagai saluran pembuangan gas dari sisa pembakaran. Sehingga apabila bocor akan menyebabkan tenaga kendaraan melemah.

Selain menurunkan performa, knalpot yang bocor juga akan sangat mengganggu karena akan menimbulkan suara bising. 

Nah, biar tidak mendapati dampak buruk ini, berikut adalah cara mengatasi knalpot mobil bocor, dilansir dari blog Suzuki, Rabu (3/8/2022).

Menggunakan lem besi

Knalpot bocor yang dapat diatasi dengan menambelnya menggunakan lem besi. Penggunaan lem besi ini juga cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Hanya perlu oleskan lem tersebut di bagian permukaan knalpot yang mengalami kebocoran.

Memakai bungkus rokok

Cara alternatif ini memanfaatkan bungkus rokok bagian dalam kemasannya atau biasa disebut dengan istilah grenjeng. Tinggal pilih grenjeng yang bagus lalu grenjeng ke permukaan knalpot yang bocor menggunakan lem.

Menggunakan lem sealer

Ada banyak jenis lem sealer di pasaran. Namun untuk menambal knalpot bocor tidak bisa menggunakan sembarang lem sealer. Kalian perlu memilih lem sealer yang tahan terhadap panas untuk menambal knalpot yang bocor.

Menggunakan seal tape aluminium

Seal tape aluminium bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menambal panci bocor, knalpot bocor pun bisa. Cara penggunaannya juga sama, hanya perlu menempelkan seal tape aluminium ke knalpot yang bocor. Namun agar lebih aman tempelkan lebih dari satu lapis.

Las karbit

Cara lain mengatasi knalpot bocor adalah dengan menggunakan las karbit. Cara ini sangat efektif, namun tidak bisa dilakukan sendiri di rumah karena perlu alat yang memadai. Untuk melakukannya perlu membawa knalpot ke bengkel las karbit terdekat.

 

1
/
2