9 Cara Atasi Rambut Rontok, Mulai dari Asupan Pangan hingga Olesan Ramuan

Sri Lestari Rahayuningtyas
Minggu 27 Maret 2022 17:08 WIB
9 Cara Atasi Rambut Rontok, Mulai dari Asupan Pangan hingga Olesan Ramuan
Cara atasi rambut rorntok. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Rambut rontok memang menjadi momok bagi sebagian orang. Penuaan dan genetika dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Penyebab utama kerontokan rambut mempengaruhi perawatan apa yang paling efektif. Sebenarnya tidak hanya faktor perawatan dari luar, melainkan juga asupan pangan jadi penyebab.

Melansir dari Medical News Today, Minggu (27/3/2022), berikut adalah 9 cara mengatasi rambut rontok:

1. Makan ekstra protein

Seorang wanita makan semangkuk kacang dan roti karena itulah cara menghentikan kerontokan rambut.

Makan lebih banyak protein dan mengikuti diet Mediterania dapat menurunkan risiko kerontokan rambut. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa beberapa peserta yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah.

2. Mengkonsumsi suplemen multivitamin

Studi sempat menunjukkan vitamin membantu mencegah kerontokan rambut. Sebuah tinjauan di Dermatologi dan Terapi meneliti peran berbagai vitamin dan mineral dalam mencegah kerontokan rambut.

Ternyata, tak disangka peran vitamin dan mineral dalam rambut rontok masih belum jelas. Namun, kekurangan vitamin dapat menjadi faktor risiko kerontokan rambut. 

Contoh saja, beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu untuk mengurangi rambut rontok:

- Selenium
- Vitamin B
- Seng
- Vitamin D
- Zat besi
- Vitamin A
- Vitamin C
- vVitamin E

Siapapun yang mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Produk terbaik mengandung semua atau sebagian besar jumlah harian yang direkomendasikan dari setiap vitamin dan mineral dalam satu dosis.

 

1
/
3