9 Fakta Unik Penyakit Jantung, Bisa Menyerang Segala Usia

KlikDokter
Rabu 22 Juni 2022 20:53 WIB
9 Fakta Unik Penyakit Jantung, Bisa Menyerang Segala Usia
9 fakta unik penyakit jantung, bisa menyerang segala usia. (Foto:celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang masyarakat dunia. Penyakit ini sering disebut dengan istilah “the silent killer” karena dapat menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Faktanya, dari banyak kasus, hanya ada sedikit penderita yang menyadari bahwa mereka mengalami penyakit jantung.

Sampai saat ini penyakit jantung masih menjadi salah satu kondisi yang mengancam keselamatan jiwa di seluruh dunia. Menurut data WHO pada 2012, sebanyak 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Dengan kata lain, penyakit kardiovaskular yang salah satunya penyakit jantung telah menyumbang 31 persen dari total 56,5 juta kematian di dunia.

Berikut beberapa fakta penyakit jantung yang patut Anda ketahui. Berikut ulasannya!

1. Menyerang Segala Usia

Meski paling sering terjadi pada kelompok usia lanjut (65-74 tahun), penyakit jantung juga bisa menimpa orang-orang yang masih berusia muda. Fakta menyebutkan, beberapa kejadian jantung koroner sempat ditemukan terjadi pada kelompok lebih muda yaitu usia 35-44 tahun.

Orang-orang dengan riwayat gangguan jantung bawaan lahir juga berisiko mengalami penyakit jantung, bahkan di usia yang lebih muda dari itu.

2. Bisa Dialami Sejak Lahir

Penyakit jantung bawaan dialami sejak lahir. Bayi yang terkena penyakit jantung bawaan bisa menunjukkan ciri berupa tampak membiru dan sesak saat menyusu atau menangis, bengkak di area mata dan tungkai, serta berat badan tidak bertambah. Dalam beberapa kondisi, dibutuhkan pemeriksaan lanjutan seperti ekokardiografi jantung. Hal ini bertujuan melihat apakah terdapat kelainan pada jantung bayi baru lahir.

3. Penyakit Jantung Bisa Bervariasi

Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung, jadi tidak hanya serangan jantung. Penyakit jantung memiliki ragam variasi. Hal ini tergantung di mana letak gangguan terjadi. Contohnya, penyakit jantung koroner akibat penyempitan pembuluh darah di jantung, penyakit jantung bawaan, gangguan irama jantung (aritmia), gagal jantung, dan infeksi jantung (endokarditis).

4. Penyakit Jantung Koroner Paling Sering Terjadi

Penyakit jantung yang paling umum ditemui adalah penyakit jantung koroner (PJK). Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyatakan, prevalensi tertinggi untuk penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung di Indonesia adalah PJK.

Dalam PJK, penyempitan pembuluh darah (koroner) di jantung menyebabkan jaringan jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dan gizi yang memadai. Akibatnya, jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

 

1
/
2