9 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi, Nomor 5 Sering Dikonsumsi

Muhamad Iqbal Fathurahman
Rabu 21 September 2022 23:08 WIB
9 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi, Nomor 5 Sering Dikonsumsi
Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita darah tinggi. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Akan tetapi, tidak banyak orang yang mengetahui tentang jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari para penderita darah tinggi

Hipertensi dapat berdampak parah pada tubuh. Pengukuran tekanan darah dipengaruhi oleh seberapa banyak darah melewati pembuluh darah bersama dengan jumlah resistensi saat memompa darah. 

Dilansir Pinkvilla pada Rabu (21/9/2022), terdapat sembilan jenis makanan dan minuman yang harus dihindari oleh para penderita darah tinggi. 

Jenis makanan dan minuman yang harus dihindari penderita darah tinggi 

1. Hindari Makanan yang Terlalu Asin 

Makanan dengan kandungan natrium dan garam merupakan jenis makanan yang wajib dihindari para penderita darah tinggi. 

Natrium memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah. Makan sebungkus keripik atau hanya keju olahan, hampir semuanya memiliki jumlah natrium yang berlebihan. Orang dewasa yang sehat harus mengonsumsi 2.300 miligram sodium per hari. 

Berikut adalah daftar makanan yang kaya akan natrium yang wajib untuk dihindari para penderita tekanan darah tinggi: 

- Keripik
- Pizza
- Sandwich
- Daging olahan
- Sup kalengan
- Taco dan burrito 

2. Hindari Makanan Manis 

Gula mungkin tidak berpengaruh secara langsung menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun, asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disadari dan pada akhirnya akan menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Sebuah penelitian pada 2014 mengungkapkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan bahkan lebih berbahaya daripada konsumsi garam dalam hal peningkatan tekanan darah. Studi tersebut juga menyebutkan konsumsi makanan yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi berkorelasi langsung dengan tekanan darah tinggi. 

Berikut adalah daftar makanan manis yang kaya akan sirup jagung fruktosa yang harus dihindari untuk mencegah tekanan darah tinggi. 

- Desert olahan
- Keripik manis atau cokelat ekstra manis
- Bar nutrisi
- Selai kacang 

3. Hindari Daging Merah 

hindari daging merah 

Ketika berbicara tentang makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi, tak ketinggalan daging merah. Daging merah memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah secara instan. 

Berikut jenis daging merah yang harus Anda hindari. 

- Daging sapi
- Domba
- Daging Babi
- Daging sapi muda
- Daging rusa
- Daging Kambing

 

 4. Hindari Lemak jenuh 

Menghindari lemak jenuh dapat dijadikan sebagai gaya hidup sehat untuk para penderita darah tinggi. Meskipun sulit untuk benar-benar mengurangi lemak jenuh, disarankan untuk membatasinya sebanyak mungkin. 

Adapaun Makanan yang kaya akan lemak jenuh antara lain: 

- Makanan penutup, seperti cokelat, permen, kue, kue kering
- Daging olahan, seperti sosis, bacon
- Minyak goreng, seperti mentega, lemak babi, ghee, lemak angsa, dan minyak goreng lainnya
- Produk susu penuh lemak, seperti krim, susu, yogurt, dan keju 

5. Hindari Makanan Olahan

Penting untuk dipahami bahwa makanan yang dikemas dan diproses bahkan yang tampaknya sehat itu sesungguhnya dipenuhi dengan bahan pengawet. Selain itu, mereka memiliki jumlah natrium ekstra yang sangat berbahaya. Ketika berbicara tentang makanan yang harus dihindari dalam tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk menghindari makanan olahan dan makanan kemasan. 

6. Hindari Saus dengan Kandungan Natrium atau Gula yang Tinggi 

Sertakan kebiasaan sehat untuk benar-benar membaca label kemasan untuk melihat kandungan sebelum benar-benar membeli produk. Untuk saus, ada beberapa produk yang bisa dikonsumsi, namun ada juga yang dipenuhi dengan gula dan sodium. 

Satu-satunya cara adalah membaca label saat membeli sebotol saus tomat berikutnya. Berikut daftar saus yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya: 

- Saus tomat
- Saus sambal
- Kecap
- Saus salad 

 

1
/
2