9 Muslim yang Tidak Wajib Berpuasa Ramadhan, dari Anak Kecil hingga Wanita Nifas

Laras Dwi Sasmita
Rabu 13 April 2022 21:11 WIB
9 Muslim yang Tidak Wajib Berpuasa Ramadhan, dari Anak Kecil hingga Wanita Nifas
Ummi Fairuz Ar-Rahbini: Ada sembilan orang yang tidak wajib untuk menjalankan ibadah puasa. ((Foto: celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Berpuasa menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan selama bulan Ramadhan. Akan tetapi setidaknya ada sembilan orang yang tidak wajib untuk menjalankan ibadah puasa.

Hal ini dijabarkan Ummi Fairuz Ar-Rahbini, istri Buya Yahya dalam kanal YouTube miliknya, Rabu (13/4/2022). Ummi Fairuz juga mengungkap hikmat orang yang tidak diwajibkan menjalankan ibadah puasa itu.

1. Anak Kecil

Anak kecil menjadi salah satu yang tidak diwajibkan berpuasa. Yang dimaksud sebagai anak kecil adalah mereka yang belum baligh. 

Adapun baligh memiliki tiga tanda, yaitu keluar mani, keluar darah haid bagi anak perempuan, serta jika tidak keluar mani dan tidak haid ditunggu hingga umur 15 tahun.

2. Hilang Akal Sehat

Orang yang hilang akal sehatnya atau gila tidak diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadan. 

Bahkan seandainya pun dia berpuasa, maka ibadahnya itu disebut tidak sah. 

Sebab mereka yang memiliki gangguan kejiwaan atau gila sehingga tidak diwajibkan untuk menjalankan puasa. 

3. Orang Sakit

Ketika kesehatan sedang menurun atau sakit diperbolekan untuk meninggalkan puasa. 

Hal ini tentu perlu berdasarkan ketentuan dokter. Akan tetapi jika tengah berpuasa dan merasa dirinya lemah diperbolehkan membatalkan pausa lalau makan dan minum secukupnya, kemudian menahan diri selayaknya orang berpuasa. 

4. Lansia yang lemah

Orang tua ata lanjut usia (lansia) yang tenagh dalam kondisi lemah diperkenankan untuk tidak berpuasa. 

Tidak terdapat batasan umur dalam hal ini, namun selama merasa puasa terasa memebratkannya bahkan sampai membayakan kesehatannya, maka diperbolehkan tidak berpuasa dan bisa diganti dengan fidyah. 

 

1
/
3