9 Oleh-Oleh Khas Mataram, dari Terasi Lombok hingga Keripik Rumput Laut

Nadhifah Qothrunnada
Senin 02 Mei 2022 20:30 WIB
9 Oleh-Oleh Khas Mataram, dari Terasi Lombok hingga Keripik Rumput Laut
Oleh-Oleh khas Mataram. (Foto: celebrities.id/Doc. MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, mulai dari kebudayaan, wisata hingga kuliner. Sama halnya dengan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ini terdapat berbagai ciri khas unik yang bisa nikmati, salah satunya oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Bagi sebagian orang Indonesia, rasanya belum sempurna jika berkunjung ke suatu tempat tetapi tidak mencicipi atau membeli buah tangan ciri khas dari tersebut. 

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (24/4/2022), berikut daftar oleh-oleh khas Mataram yang harus dicicipi atau diboyong jika berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.  

Oleh-oleh khas Mataram

1. Terasi Lombok

Terasi asal Lombok ini memiliki rasa yang sangat khas. Biasanya terasi ini digunakan sebagai penyedap makanan atau bahkan sebagai campuran makanan khas Lombok seperti Nasi Balap Puyung, Ayam Taliwang, dan lainya. 

Namun, tidak semua toko oleh-oleh menyediakan terasi khas Lombok ini, biasanya terasi ini dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional Mataram, salah satunya di Pasar Kamis, Desa Sukarara, Lombok Tengah.

2. Kendi Maling

Kendi Maling merupakan kerajinan gerabah yang dibuat oleh penduduk Desa Banyumulek yang berlokasi 14 km dari Kota Mataram. 

Kendi ini memiliki bentuk unik karena pada bagian lehernya lebih panjang dan sempit, sehingga agak sulit ketika memasukan air dari atas kendi. Oleh sebab itu, cara memasukkan air ke dalam kendi harus melalui bagian bawah kendi.

3. Madu Sumbawa

Jika biasanya madu berwarna coklat atau hitam. Justru madu Sumbawa ini berwarna putih. 

Hal ini disebabkan oleh panjangnya proses pembuatan. Meskipun madu ini berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, namun madu ini banyak ditemui di beberapa kota di Mataram.

4. Telur Asin Bakar

Telur Asin Bakar mulai dikenal sejak 2012 dan merupakan sebuah inovasi hasil percobaan oleh masyarakat Dusun Gubuk Barum Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur. 

Tekstur telur asin bakar ini lebih padat dan warna kuning telurnya terlihat lebih cerah dibanding telur asin biasa. 
Selain lebih tahan lama dibanding telur asin biasa, telur asin bakar ini menyajikan rasa yang super lezat dipadu aroma asap yang menambah selera. 

 

1
/
3