9 Penyebab Rambut Kering pada Pria, dari Terlalu Sering Keramas hingga Pewarnaan Rambut

Husnul Khotimah
Selasa 04 Januari 2022 15:28 WIB
9 Penyebab Rambut Kering pada Pria, dari Terlalu Sering Keramas hingga Pewarnaan Rambut
Kenali penyebab rambut kering pada pria. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Rambut kering dan kusam rupanya tak hanya dialami oleh wanita saja. Para pria pun kerap mengalami hal yang sama. 

Kondisi ini tentu membuat pria menjadi kurang percaya diri. Maka tak heran pula jika mereka melakukan perawatan layaknya wanita. Lantas, apa penyebab rambut kering pada pria? Melansir Boldsky, Selasa (4/1/2022), berikut penyebab rambut kering pada pria.

1. Kekurangan minyak

Minyak sebum dapat membantu menjaga kulit kepala agar rambut tetap lembap dan terhidrasi. Jika kulit kepala kurang memproduksi minyak maka rambut akan kusam dan kering.

2. Paparan sinar matahari

Kutikula (lapisan luar rambut) akan rusak jika terlalu sering terpapar matahari. Kutikula sendiri berfungsi untuk melindungi lapisan dalam rambut dan menjaga kelembapan.

3. Terlalu sering keramas

Keramas berlebihan dapat menyebabkan kehilangan minyak pelindung rambut sehingga membuat rambut kering. Bagi pemilik rambut kering, bisa keramas dalam jangka waktu 3 hari sekali.

4. Air panas

Panasnya air juga bisa menyebabkan kerusakan pada kutikula dan membuat rambut menjadi lebih rapuh. Kebiasaan keramas dengan air panas membuat rambut kering dan rontok.

 

1
/
2