4 Acara Fashion Week Paling Bergengsi di Dunia, dari Paris hingga Milan

Icon CameraTika Vidya Utami
Kamis 15 September 2022 14:17 WIB
4 Acara Fashion Week Paling Bergengsi di Dunia, dari Paris hingga Milan
Koleksi Tomford menutup gelaran New York Fashion Week 2022. (Foto: celebrities.id/Instagram @tomford)

JAKARTA, celebrities.id - Fashion week atau pekan mode merupakan istilah yang tak asing bagi pecinta tren berbusana. Ajang ini adalah acara yang ditunggu oleh pelaku hingga penikmat mode. Lantas, apa saja acara fashion week paling bergengsi di dunia?

Sebagaimana diketahui, dalam pagelaran pekan mode,  para desainer mendapat kesempatan untuk menampilkan karyanya di depan umum. Tentunya, tak sembarang perancang busana yang dapat memamerkan koleksinya di ajang fashion week. Selain sistem pendaftaran, ada juga kurasi ketat oleh panitia.

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022), berikut celebrities.id rangkum daftar acara fashion week bergengsi di dunia.

Deretan Fashion Week Paling Bergengsi di Dunia

1. Paris Fashion Week 

Paris Fashion Week (PFW) merupakan salah satu ajang pekan mode bergengsi di dunia. Acara mode yang jadi juntrungan banyak pelaku industri fesyen ini digelar oleh Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). 

Diketahui, FHCM berdiri sejak 1868 di bawah pengawasan Kementerian Industri Prancis. Misi utama FHCM adalah mempromosikan budaya Prancis melalui fashion. FHCM terdiri tiga divisi, yakni haute couture (adibusana), women’s ready to wear (busana siap pakai wanita), serta men’s ready to wear (busana siap pakai pria). 

Adapun desainer yang tampil pada Paris Fashion Week ini adalah anggota FHCM atau setidaknya lolos akurasi dari divisi terkait. Pada 2022, Paris Fashion Week telah berlangsung dari 28 Februari-Maret 2022. Terdapat jenama Indonesia yang secara resmi turut berpartisipasi dalam ajang bergengsi tersebut yaitu Jewel Rocks dan Sean Sheila.

2. New York Fashion Week

Acara New York Fashion Week (NYFW) dirancang oleh Eleanor Lambert pada 1943. Eleanor Lambert lahir  di Indiana dan pindah ke New York pada 1925 sebagai pekerja media. Dia lantas mendirikan New York Dress Institute pada 1941 guna mempromosikan pembuatan, desain, hingga pembelian pakaian lokal. 

Pada awalnya, Lambert menggunakan nama Press Week pada ajang bergengsi tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, namanya pun berubah menjadi New York Fashion Week. 

Pada 2022, New York Fashion Week berlangsung pada 8-12 September 2022 waktu setempat. NYFW 2022 tahun ini memperlihatkan 91 karya desainer dari berbagai negara. Salah satu jenama Indonesia, yakni Erigo, berkesempatan memamerkan koleksi mereka dalam ajang New York Fashion Week 2022. 

 

1
/
2