Ahasveros dan Nussa Terpilih Jadi Film Animasi Pendek dan Panjang Terbaik di Ajang Piala Citra FFI 2021

Andaru Danurdana
Rabu 10 November 2021 23:08 WIB
Ahasveros dan Nussa Terpilih Jadi Film Animasi Pendek dan Panjang Terbaik di Ajang Piala Citra FFI 2021
Ahasveros dan Nussa meraih penghargaan Piala Citra FFI 2021. (Foto: MPI/Andaru)

JAKARTA, celebrities.id - Acara puncak dari rangkaian Festival Film Indonesia 2021 akhirnya digelar pada Rabu (10/11/2021) malam. Presiden Jokowi dan para sineas papan atas hadir dalam acara ini.

Dibuka dengan pembacaan nominasi Film Animasi Pendek dan juga Film Animasi Panjang Terbaik, dua kategori ini berhasil dimenangkan oleh Ahasveros dan Nussa

Untuk kategori Film Animasi Pendek Terbaik, Ahasveros karya sutradara Bobby Fernando berhasil mengalahkan empat film lainnya; Black Winter, Cipak Cipuk, Malam Jimawut 2, dan Timeline. Film Ahasveros sendiri sebelumnya sudah pernah menjadi perwakilan Indonesia di berbagai festival film animasi mancanegara. 

"Saya rasa ini satu bentuk penghargaan terhadap kami karena film animasi jarang dilihat," ucap representatif Ahasveros mewakili suara pekerja industri animasi.

Dalam kategori animasi, Ahasveros tak menjadi satu-satunya pemenang. Film Nussa karya sutradara Bony Wirasmono juga berhasil meraih penghargaan Film Animasi Panjang Terbaik tak lama kemudian. 

Dalam kategori ini, Nussa berhasil mengalahkan dua film animasi lain yaitu Adit Sopo Jarwo: The Movie karya Hanung Bramantyo dan Eki N.F. serta film Riki Rhino garapan Erwin Budiono. 

"Terima kasih untuk apresiasi dan percayanya terhadap film kami," ucap Anggia Kharisma selaku produser.
“Terima kasih untuk semua yang sudah mau kembali ke bioskop, inilah awal kebangkitan film Indonesia."

"Terima kasih sudah percaya pada animasi Indonesia," timpal sang sutradara, yang kemudian ditutup oleh Muzakki sang pengisi suara Nussa. "Makasih semua!." 
 

Editor : Mohammad Saifulloh