Air Sumur Bandung Banyak Dicari untuk Obati Gangguan Mental dan Guna-Guna, Konon Pemandian Putri Purbasari

Acep Muslim
Selasa 13 Juli 2021 08:06 WIB
Sumur Bandung di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, banyak didatangi orang untuk mandi atau minum airnya. (Foto: MPI/Acep Muslim)

CIAMIS, celebrities.id - Kemanjuran air Sumur Bandung di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sudah tersohor. Banyak penderita gangguan mental berdatangan untuk mandi ataupun minum air di sana.

Sumur yang digali pada 1920 ini  terletak di Jalan Yos Sudarso RT 04 RW 15 Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis. Asal usul sumur dikaitkan dengan Pemandian Kembang Purbasari dari legenda Sunda, Lutung Kasarung dan Putri Purbasari.  

“Air sumur diyakini bisa mengobati hal-hal tertentu dengan cara mandi atau diminum,” ujar warga di lingkungan setempat, Midong Suryono, Senin (12/7/2021).

Sumur Bandung yang mempunyai kedalaman 1,5 meter ini pun kian ramai dikunjungi warga dari luar wilayah Ciamis, seperti Majalengka, Cirebon, Cianjur, dan kota lainnya di Jawa Barat. 

Para pengunjung biasanya membawa anggota keluarga mereka yang mengalami gangguan kejiwaan seperti depresi, linglung, dan lain sebagainya.

Sumur Bandung di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, banyak didatangi orang untuk mandi atau minum airnya. (Foto: MPI/Acep Muslim)

 

1
/
2