Airbus Uji Coba Teknologi Terbang Otonom, Tiru Kemampuan Serangga Kenali Lokasi Tertentu 

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Sabtu 14 Januari 2023 16:22 WIB
Airbus Uji Coba Teknologi Terbang Otonom, Tiru Kemampuan Serangga Kenali Lokasi Tertentu 
Airbus uji coba teknologi terbang otonom. (celebrities.id/extremetech)

JAKARTA, celebrities.id - Pembuat pesawat komersial ternama, Airbus, saat ini tengah menguji sejumlah teknologi otomatis baru. Hal ini bisa meningkatkan keselamatan serta efisiensi penerbangan. 

Menurut Airbus, teknologi otomatis baru atau otonom yang sudah dicap sebagai proyek DragonFly perusahaan, menawarkan pengalihan darurat otomatis dalam pelayaran, pendaratan otomatis, serta bantuan taksi. 

Perusahaan tersebut dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur-fitur baru menggunakan pesawat A350-1000 di lokasi pengujiannya. 
Airbus UpNext, divisi raksasa kedirgantaraan dikabarkan tengah menguji teknologi baru tersebut, sebelum memperkenalkannya ke armada yang lebih besar. 

Selain itu, Airbus juga mengatakan, bahwa teknologi tersebut bertujuan untuk meniru kemampuan serangga untuk mengenali lokasi tertentu. 

"Tes tersebut adalah salah satu dari beberapa langkah dalam penelitian metode teknologi untuk lebih meningkatkan operasi dan meningkatkan keselamatan," ujar Isabelle Lacaze, kepala demonstran DragonFly, Airbus UpNext, dalam sebuah pernyataan, seperti yang dikutip dari gadgetsnow. 

Teknologi tersebut terinspirasi dari biomimikri dan alam dengan cara yang sama seperti capung, yang diketahui memiliki kemampuan untuk mengenali landmark, sistem yang dikembangkan dirancang untuk mengidentifikasi fitur dalam lanskap yang memungkinkan pesawat untuk melihat dengan aman bermanuver secara mandiri di sekitarnya. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2