Akademisi Sebut Cacar Monyet Bisa Sembuh dengan Sendirinya, Begini Penanganannya

Avirista Midaada
Selasa 02 Agustus 2022 20:10 WIB
Akademisi Sebut Cacar Monyet Bisa Sembuh dengan Sendirinya, Begini Penanganannya
Akademisi Sebut Cacar Monyet Bisa Sembuh dengan Sendirinya, Begini Penanganannya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

MALANG, celebrities.id - Cacar monyet mewabah dunia dan membuat masyarakat panik. Seperti diketahui, penyakit cacar monyet ini berasal dari infeksi virus langka dari hewan yang menyerupai penyakit cacar.

Akademisi Universitas Brawijaya (UB) dr. Dhelya Widasmara mengungkapkan, secara keseluruhan penyakit cacar monyet hampir mirip dengan cacar air pada umumnya, tetapi cenderung lebih ringan.

"Yang membedakan adalah, pada cacar monyet didapatkan pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati)," kata Dhelya Widasmara, melalui keterangan tertulisnya yang diterima MNC Portal pada Selasa pagi (2/8/2022).

Dhelya menjelaskan, penularan virus monkeypox terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan hewan, manusia, atau bahan yang terjangkit atau terkontaminasi virus. Kemudian virus masuk ke dalam tubuh melalui mikrolesi pada kulit atau luka yang sangat kecil (walaupun tidak terlihat), saluran pernapasan, atau selaput lendir (mata, hidung, atau mulut).

"Sedangkan penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan atau cakaran, kontak langsung dengan cairan tubuh atau material dari lesi (seperti darah), atau kontak tidak langsung, seperti melalui alas yang terkontaminasi," kata dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya ini.

Dimana penularan terjadi melalui droplet atau percikan pernapasan. Dari percikan droplet ini dapat bertahan lama dan terbang jauh, sehingga diperlukan kontak tatap muka yang lama.

"Metode penularan dari manusia ke manusia lainnya termasuk kontak langsung dengan cairan tubuh atau material dari lesi, dan kontak tidak langsung dengan material lesi, seperti melalui pakaian atau linen yang terkontaminasi,” katanya.

 

1
/
2