Ini Alasan Bulan Syawal Baik untuk Menikah, Lengkap dengan Dalil dan Sejarahnya

Novie Fauziah
Senin 20 Juni 2022 07:15 WIB
Ini Alasan Bulan Syawal Baik untuk Menikah, Lengkap dengan Dalil dan Sejarahnya
Ada sejumlah alasan bulan Syawal baik untuk menikah sebagaimana diterangkan dalam hadits Rasulullah SAW. (Ilustrasi: Pixabay.com)

JAKARTA, celebrities.id - Ada sejumlah alasan bulan Syawal baik untuk menikah sebagaimana diterangkan dalam hadits Rasulullah SAW.ย 

Imam An Nawawi menjelaskan, ada sebuah hadits yang menganjurkan untuk menikahkan anak, menikah, dan membangun rumah tangga pada bulan Syawal.ย 

Alasan Bulan Syawal Baik untuk Menikah

Dari Sayyidatina Aisyah radhiyallahu'anha berkata:

ุชูŽุฒูŽูˆู‘ูŽุฌูŽู†ููŠ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูููŠ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ูˆูŽุจูŽู†ูŽู‰ ุจููŠ ูููŠ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ููŽุฃูŽูŠู‘ู ู†ูุณูŽุงุกู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุญู’ุธูŽู‰ ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ู…ูู†ู‘ููŠ

Artinya: "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menikahiku pada bulan Syawwal dan berkumpul denganku pada bulan Syawwal. Maka siapa di antara istri-istri beliau yang lebih beruntung dariku?"( HR Muslim no. 2551, At-Tirmidzi no. 1013, An-Nasai no. 3184, Ahmad no. 23137).

Sementara itu, dikutip dalam kitab Al-Bidayah wa an-Nihayah, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Rasulullah SAW, menikahi Aisyah untuk membantah keyakinan yang salah sebagian masyarakat yaitu tidak suka menikah di antara dua Id (bulan Syawal termasuk di antara Idul Fitri dan Idul Adha), mereka khawatir akan terjadi perceraian.

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), KH. Sirril Wafa mengatakan, pernikahan Siti Aisyah dengan Nabi Muhammad inilah yang mematahkan mitos bahwa Syawal merupakan bulan sial. Terutama bagi yang akan menikah, beberapa tradisi memberi banyak pantangan pada bulan tersebut.

"Kalau di wilayah Nusantara, mitos-mitos seputar hindari pernikahan di bulan-bulan tertentu diduga kuat terjadi jauh setelah masa Nabi. Namun demikian, seluruh peristiwa yang dicontohkan Nabi Muhammad menjadi barometer untuk umatnya di lintas wilayah dan zaman," ujarnya kepada celebrities.id, beberapa waktu lalu.

ย 

1
/
2