Alasan Kenapa Pluto Tidak Termasuk Planet

Icon CameraBertold Ananda
Selasa 24 Januari 2023 18:48 WIB
Alasan Kenapa Pluto Tidak Termasuk Planet
Pluto dinilai tidak memenuhi kriteria sebagai planet. (Foto: Prinsli)

JAKARTA, celebrities.id - Alasan kenapa Pluto tidak termasuk planet menjadi sempat menjadi perbincangan menarik para ilmuwan. Masih ada saja orang yang memercayai bahwa planet Pluto masuk dalam tata surya.Ā 

Padahal beberapa penelitian menyebutkan bahwa Pluto sudah tidak lagi disebut sebagai planet. Lantas, apa alasan Pluto tidak masuk planet tata surya?

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber pada Selasa (24/1/2023) terkait alasan kenapa Pluto tidak masuk dalam jajaran planet lagi.

Alasan Kenapa Pluto Tidak Termasuk Planet

Melansir laman resmi Library Of Congress, berdasarkan penelitian dari Ā The International Astronomy Union (IAU), ada beberapa kriteria yang mendukung alasan kenapa pluto tidak masuk lagi dalam planet tata surya.Ā 

Berikut alasan International Astronomical Union (IAU) menurunkan status Pluto menjadi “dwarf planet” atau planet kerdil.

1. Tidak Memenuhi Tiga Kriteria sebagai Planet

Alasan pertama dari IAU menyatakan bahwa planet Pluto tidak memenuhi tiga kriteria sebagai planet. Sebab pada tahun 2006 silam, IAU telah melayangkan beberapa definisi planet dalam tata surya secara formal, di antaranya mengorbit matahari, memiliki massa yang cukup sehingga dapat menjaga bentuknya dan dominan di orbitnya atau tidak berbagi orbit dengan benda lain. Namun kenyataanya planet Pluto hanya memenuhi dua kriteria saja.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2