5 Alasan Kenapa Telur Ikan Kaviar Mahal

Icon CameraIqbal Widiarko
Kamis 26 Januari 2023 11:45 WIB
5 Alasan Kenapa Telur Ikan Kaviar Mahal
Alasan kenapa telur ikan kaviar mahal karena jenisnya yang langka hingga lamanya waktu panen. (Foto: Pixabay/Miroslavik)

JAKARTA, celebrities.id - Alasan kenapa telur ikan kaviar mahal pastinya membuat kamu penasaran. 

Telur ikan kaviar dihasilkan dari ikan langka Sturgeon yang memiliki rasa lebih enak. Harga ini jauh lebih tinggi daripada kaviar di peternakan.

Jenis ikan ini tidak bereproduksi seperti spesies laut lainnya yang berkembang biak di seluruh lautan dunia. Untuk setiap kilo kaviar, dimungkinkan konsumen dapat membayar hingga hampir 10 ribu euro atau Rp162 jutaan.

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (26/1/2023), celebrities.id telah merangkum alasan kenapa telur ikan Kaviar mahal, sebagai berikut.

Alasan Kenapa Telur Ikan Kaviar Mahal

1. Jenis Ikan yang Langka

Nilai pasar kaviar sebagian besar didasarkan pada jenis hewan asalnya. Kaviar asli, telur ikan asin termahal, berasal dari sturgeon, kelompok spesies yang hampir punah oleh manusia. Menilik dari laman Caviar Star, Kaviar Sturgeon pertama kali diluncurkan ke status masyarakat kelas atas di puncak Imperialisme Rusia pada akhir abad ke-19.

Sejak saat itu, faktor kelangkaan spesies telah menjadi penentu utama harga. Nilai kaviar sebagai barang mewah ternyata menjadi alasan utama mengapa pasokan telur ikan sturgeon liar menurun begitu cepat sepanjang abad ke-20.

2. Lamanya Waktu Panen Telur

Saat bertelur di alam, sturgeon dan ikan lainnya dapat bertelur jutaan telur sekaligus. Dengan hanya segelintir tukik yang selamat dari perjalanan berbahaya menuju dewasa, spesies ikan yang tumbuh lebih cepat jauh lebih baik dalam memenuhi permintaan manusia akan daging dan telurnya daripada ikan sturgeon yang tumbuh lebih lambat dan hidup lebih lama.

Memiliki panjang generasi 8 hingga 20 tahun, sturgeon membutuhkan waktu sekitar tiga kali lebih lama untuk mengisi populasi di alam liar dan jauh lebih mahal untuk dibesarkan di penangkaran dibandingkan dengan jenis ikan penghasil telur lainnya seperti salmon, trout, dan bowfin.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2