Ini Alasan Mode Pesawat Harus Aktif saat Naik Pesawat, Penumpang Wajib Tahu

Icon CameraHasyim Ashari
Selasa 24 Januari 2023 19:13 WIB
Ini Alasan Mode Pesawat Harus Aktif saat Naik Pesawat, Penumpang Wajib Tahu
Alasan Mode Pesawat Harus Aktif saat Naik Pesawat. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Alasan mode pesawat harus aktif saat naik pesawat menjadi hal yang wajib kita ketahui, terlebih bagi yang gemar berpergian menggnakan transportasi udara.

Mode pesawat atau airplane mode merupakan suatu pengaturan pada smartphone yang dapat menghentikan sinyal dan Wifi meski perangkat tersebut tetap dapat digunakan.

Untuk ponsel Android, mode pesawat dapat diaktifkan dengan menggesek layar ke bawah untuk membuka panel Pengaturan.

Alasan Mode Pesawat Harus Aktif saat Naik Pesawat

Di Indonesia sendiri, berbagai aturan telah menuliskan larangan penggunaan ponsel dalam pesawat. Salah satunya dalam UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, yang membahas pelarangan gangguan frekuensi radio berada dalam pasal 33 ayat (2) dan pasal 38.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023) smartphone dengan data yang aktif disebut dapat memancarkan sinyal dalam pita frekuensi yang sama dengan sistem komunikasi dan navigasi pesawat, sehingga menciptakan interferensi elektromagnetik.

Meskipun saat ini sudah banyak juga pesawat yang menggunakan teknologi canggih untuk memisahkan sinyal keduanya, tetap saja penggunaan smartphone dilarang karena dapat pula menimbulkan gangguan ground. Komunikasi pesawat terhubung ke serangkaian menara. Jaringan bisa menjadi kelebihan beban jika penumpang semuanya menggunakan smartphone mereka.

Jika perangkat dengan kemampuan 5G dari penumpang tidak dalam mode pesawat, maka hal itu bisa menyebabkan sinyal palsu yang ditangkap oleh antena radio altimeter pesawat. Hal ini dapat menyebabkan indikasi yang salah mengenai ketinggi pesawat di atas landasan pacu.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News