Aleix Espargaro Masih Optimistis Juara MotoGP 2022, Puncak Klasemen Makin Ketat

Andhika Khoirul Huda
Senin 19 September 2022 09:32 WIB
Aleix Espargaro Masih Optimistis Juara MotoGP 2022, Puncak Klasemen Makin Ketat
Aleix Espargaro optimis bisa menang MotoGP 2022. (Foto: celebrities.id/Instagram @aleixespargaro)

ARAGON, celebrities.id РPembalap Aprilia, Aleix Espargaro turut meramaikan perebutan gelar juara MotoGP 2022. 

Kini, posisi klasemen menjadi semakin ketat setelah balapan GP Aragon 2022. Espargaro pun masih optimistis memiliki peluang untuk juara musim meski berat untuk digapai.

Espargaro sendiri memulai balapan dari baris kedua dalam balapan di Aragon, Minggu (18/9/2022) malam. Namun, dia tak mampu mengimbangi Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini yang meluncur cepat di posisi dua terdepan.

Pembalap asal Spanyol itu pun berada di bawah bayang-bayang Brad Binder, yang duduk di posisi ketiga, dalam waktu yang lama. Namun, pada akhirnya dia berhasil menyalip pembalap Red Bull KTM itu dan sukses mengamankan podium ketiga di belakang Bastianini dan Bagnaia.

Sementara itu, sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial. Dia gagal finis usai menabrak Marc Marquez pada lap pembuka hingga terjatuh dengan keras dari motornya dan menyebabkan tubuhnya luka-luka.

Alhasil, sekarang Espargaro hanya terpaut 17 poin saja dari pemuncak klasemen dari Monster Energy Yamaha, dan berselisih tujuh poin saja dari Bagnaia yang berada di atasnya. Alhasil, dengan lima balapan tersisa, perebutan gelar juara MotoGP 2022 antara ketiga pembalap teratas itu semakin seru.

Espargaro pun mengatakan peluangnya untuk juara musim ini masih ada karena semuanya bisa terjadi di dunia balap kuda besi ini. Namun, menurutnya itu semua akan berat untuk dicapai karena Pecco –sapaan Bagnaia- punya motor yang lebih cepat darinya.

“Kejuaraan ini perlahan-lahan menuju akhir dan kami bertiga di puncak saling berdekatan. Pecco memiliki motor terbaik di antara kami, dia mengendarai pada level yang sangat tinggi saat ini,” kata Espargaro dilansir dari Speedweek, Senin (19/9/2022).

“ Itu (menjadi juara musim ini) tidak akan mudah, tapi ini adalah MotoGP. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” tuturnya.

Sebagai informasi, podium ketiga di Aragon tersebut menjadi yang pertama bagi rider berusia 22 tahun itu usai gagal meraih posisi tiga besar dalam tujuh balapan sebelumnya. Terakhir kali dia naik podium adalah pada balapan MotoGP Italia 2022 pada akhir Mei lalu.

Perjuangan Espargaro untuk meraih gelar juara MotoGP perdana dalam kariernya pun akan berlanjut pada MotoGP Jepang 2022. Balapan di Sirkuit Motegi itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (25/9/2022).

Editor : Lisvi Padlilah