8 Alternatif Layanan Transaksi Online Selain Paypal, Apa Saja?

Iqbal Widiarko
Kamis 04 Agustus 2022 13:29 WIB
8 Alternatif Layanan Transaksi Online Selain Paypal, Apa Saja?
Ada sejumlah alternatif layanan transaksi online di Indonesia selain Paypal yang bisa kamu gunakan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Alternatif layanan transaksi online di Indonesia sedang hangat diperbincangkan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan pemblokiran pada platform jasa transfer uang internasional Paypal yang banyak digunakan pekerja lepas.

Pemblokiran tersebut dilakukan karena Paypal belum mendaftar aturan Penyelenggara Sistem Elektronik. Hingga kini pemerintah masih berkomunikasi dan memastikan layanan Paypal akan mendaftarkan PSE-nya dan memenuhi syarat pendaftaran sesuai aturan.

Sebelumnya, Paypal masuk ke dalam layanan PSE asing dalam lingkup privat yang tidak terdaftar dan belum memenuhi persyaratan seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2020 terkait PSE Lingkup Privat.

Layanan Paypal pun sementara dibuka aksesnya oleh Kominfo hingga 5 Agustus mendatang untuk memberi kesempatan penggunanya di Indonesia memindahkan uangnya ke layanan alternatif gateway payment resmi lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (4/8/2022) telah merangkum alternatif layanan transaksi online, sebagai berikut.

Alternatif Layanan Transaksi Online

1. Google Wallet

Google Wallet merupakan produk e-wallet atau dompet digital dari Google yang memungkinkan seseorang menyimpan kartu, tiket, pass, kunci dan ID dengan aman.

Dengan Google Wallet, pengguna dapat menggunakan ini untuk menerima uang dimanapun dan proses membayar lewat Google Pay seperti berbelanja barang, tiket naik pesawat dan masih banyak lagi, semuanya hanya dengan ponsel Android.

2. Flip

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah mempunyai lisensi dari Bank Indonesia. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menerima dan mengirim uang gratis biaya transfer walaupun berbeda bank.

Proses transaksi juga dilakukan sangat cepat dan Top up e-wallet tidak dikenakan biaya. Aplikasi ini dibuat oleh anak Indonesia bernama Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar dan Ginanjar Ibnu Solikhin pada tahun 2015.

3. Doku

DOKU merupakan solusi pembayaran elektronik dari Indonesia, untuk menawarkan opsi pembayaran baru kepada masyarakat. Pelanggan akan dapat memilih berbagai fitur pembayaran seperti DOKU e-Wallet, bank internet atau transfer bank.

Semua transaksi uang digital dapat dilakukan dengan DOKU. Perusahaan ini juga sudah Kolaborasi dengan mitra seperti bank lokal dan internasional, serta lembaga non-perbankan yang telah memperkuat reputasi pembayaran elektronik lokal yang terpercaya.

4. FinPay

FinPay merupakan solusi transaksi berbasis digital yang praktis dan mudah digunakan. Dengan Finpay, pengguna bebas memilih berbagai cara transaksi dimanapun dan kapanpun.

Saat ini Finpay telah terhubung dengan 122 Biller, 90 Bank, 100 ribu outlet, 800 online merchant dan telah bekerjasama dengan remittance company di 7 negara. Layanan yang Finpay hadirkan juga telah terdaftar di Bank Indonesia dan telah memiliki izin transfer dana, payment gateway, uang elektronik, debit acquirer dan QRIS.

 

1
/
2