5 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Paling Utama

Iqbal Widiarko
Kamis 17 Maret 2022 13:12 WIB
5 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Paling Utama
Amalan malam Nisfu Syaban sangat dianjurkan untuk diamalkan umat muslim. (celebrities/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Amalan malam Nisfu Syaban sangat dianjurkan untuk diamalkan umat muslim. Pada malam tersebut, Allah akan membuka pintu taubat seluas-luasnya bagi seluruh hamba-Nya, kecuali orang-orang yang musyrik dan munafik.

Malam Nisfu Syaban sering diperingati juga dengan ibadah khusus, karena bulan ini adalah bulan penghubung dengan bulan Ramadhan. Keutamaan lainnya yakni Allah juga mengabulkan permohonan kepada hamba-Nya yang soleh pada malam Nisfu Syaban seperti hadits riwayat Imam Ibn Majah.

Akan merugi jika kita tidak melakukan amalan-amalan Nisfu Syaban ini dengan maksimal. Malam ini diyakini dua malaikat pencatat amalan keseharian manusia yaitu Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan langsung pada Allah SWT.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/3/2022) Celebrities.id telah merangkum amalan malam Nisfu Syaban, sebagai berikut:

Amalan di Malam Nisfu Syaban untuk Meraih Pahala

Malam Nisfu Syaban juga merupakan malam bulan penuh rahmat di pertengahan bulan Syaban. Amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam pada Nisfu Syaban diantaranya adalah berpuasa, perbanyak Istighfar, perbanyak Sholawat.

Berikut deretan amalan yang bisa dilakukan saat malam Nisfu Syaban

1. Baca Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat merupakan kalimat yang digunakan sebagai pengakuan sebagai orang Islam.

Kalimat ini baik dibaca kapan pun dan di mana pun, apalagi saat malam Nisfu Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan:

"Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya."

2. Baca Istighfar

Saat malam Nisfu Syaban, Allah akan turun ke bumi dan membuka pengampunan bagi seluruh hamba-Nya, kecuali mereka yang musyrik dan munafik. Memperbanyak membaca kalimat Istighfar sangat dianjurkan pelaksanaannya.

Sayyid Muhammad bin Alawi masih dalam kitab yang sama, Ithmi’nanul Qulub menjelaskan bahwa Istighfar merupakan amalan yang utama dan keberadaanya baik untuk selalu diamalkan oleh umat Islam, terkhusus waktu-waktu istimewa pada malam Nisfu Syaban.

3. Puasa Syaban

Rasulullah bersabda, "Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Syaban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa," (HR Abu Dawud).

Niat puasa malam Nisfu Syaban:


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Latin     : Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'aalaa.
Artinya : Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta'ala.

4. Sholat Sunnah Tasbih

Beberapa ulama menjelaskan bahwa yang lebih utama pada malam Nisfu Syaban adalah melaksanakan salat Tasbih. Hal ini diajarkan Rasulullah SAW pada paman Beliau yakni Sayyidina Abbas ra. Nisfu Sya'ban dapat dimulai dengan melakukan sejumlah salat sunnah. Salat sunnah yang dianjurkan adalah shalat Hajat, salat Taubat dan sholat Tasbih.

5. Baca Surat Yasin

Membaca surat Yasin sesering mungkin dianjurkan dilakukan setelah salat Maghrib dan berdoa setelahnya.

Bacaan pertama diniatkan supaya Allah SWT memberikan panjang umur dan bacaan kedua diniatkan supaya dijauhkan dari segala bala dan diberi rizki halal yang banyak.

Dilanjutkan bacaan ketiga niatkan agar hidup tidak tergantung kepada orang lain dan diberikan Husnul Khatimah.


 

Editor : Simon Iqbal Fahlevi