3 Amalan yang Paling Dicintai Allah, Dijamin Mendapat Pahala Besar

Intan Afika Nuur Aziizah
Jumat 14 Januari 2022 08:46 WIB
3 Amalan yang Paling Dicintai Allah, Dijamin Mendapat Pahala Besar
Amalan yang Paling Dicintai Allah (celebrities.id/Freepic)

JAKARTA, celebrities.id - Amalan yang paling dicintai Allah SWT bisa membuat Muslim dijamin mendapat pahala besar. Apalagi, setiap Muslim memang ingin dicintai oleh Sang Maha Pencipta. 

Oleh karena itu, banyak yang berlomba-lomba dalam beribadah dan melakukan berbagai amalan untuk mendapatkan cinta kasih-Nya. 

Rupanya, ada tiga amalan yang paling dicintai Allah dalam Islam. Hal ini sudah dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini, dikutip dari kanal YouTube Insan Surga, Jumat (14/1/2022).

1. Salat pada waktunya

Amalan yang paling dicintai Allah dalam Islam pertama adalah sholat pada waktunya. Salat merupakan Rukun Islam kedua yang diwajibkan bagi umat Islam. Selain itu, salat juga dijadikan sebagai tiang agama dalam Islam.

"Inti segala perkara adalah Islam dan tiangnya yang merupakan salat." (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973.)

Mengerjakan salat pada waktu yang dimaksud ialah ketika mendengar suara adzan, seorang Muslim harus segera mengambil air wudhu dan berangkat ke masjid untuk menunaikan salat berjamaah. Namun, jika memang umat tersebut dalam kondisi yang tidak memungkinkan, misalnya bekerja, maka boleh mengulur sedikit waktunya hingga menunggu jam istirahat dari kantor.

2. Berjihad di jalan Allah SWT

Amalan yang paling dicintai Allah dalam Islam selanjutnya adalah berjihad di jalan Allah SWT. Jihad yang dimaksud bukan hanya berperang melawan musuh atau kaum yang tidak beriman, melainkan bersungguh-sungguh dalam menegakkan agama Allah seperti halnya menuntut ilmu dan membantu ekonomi masyarakat dari kemiskinan.

Berbakti kepada orang tua juga memiliki nilai yang sama dengan jihad. Sebagaimana telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya, "Ada seseorang yang mendatangi Nabi SAW, dia ingin meminta izin untuk berjihad. Nabi SAW lantas bertanya, 'Apakah kedua orang tuamu masih hidup?' Ia jawab, 'Iya masih.' Nabi SAW pun bersabda, 'Berjihadlah dengan berbakti kepada keduanya.'" (HR Muslim).

 

1
/
2