Amazing! Fosil Kura-Kura Purba Ditemukan di Sumedang, Diduga Berusia Jutaan Tahun

Syifa Fauziah
Kamis 23 Juni 2022 15:36 WIB
Amazing! Fosil Kura-Kura Purba Ditemukan di Sumedang, Diduga Berusia Jutaan Tahun
Temuan fosil kura-kura di Sumedang berusia jutaan tahun. (Foto: celebrities.id/ YouTube Martin May)

SUMEDANG, celebrities.id - Tim peneliti menemukan fosil kura-kura purba di kawasan Lembah Cisaar, Desa Jembarwangi dan Darmawangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Temuan itu dilaporkan pada 12 Juni 2022 lalu.

Kepala Desa Jembarwangi, Pitriani Dewi, mengatakan bahwa ekskavasi  atau pengangkatan fosil dilakukan oleh tim peneliti arkeologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bandung dan Badan Geologi dan Paleontologi Kementerian ESDM.

"Temuan ini mulai ekskavasi tanggal 13 juni 2022. Alhamdulillah temuan kura-kura menurut ahli dan peneliti, merupakan fosil kura-kura pertama di Jawa dalam keadaan utuh," ujar Pitriani seperti dikutip dari YouTube Martin May, Kamis (23/6/2022).

Dalam video itu terlihat terlihat para tim peneliti melakukan pengangkat fosil tersebut. Mereka dengan sangat hati-hati mengangkat fosil kura-kura yang berada di dalam tanah sedalam kira-kira satu meter.

Pitriani mengatakan, nantinya fosil tersebut akan disimpan di kantor fosil yang berada di Desa Jembarwangi.

"Semoga dalam beberapa hari ini fosil itu bisa diangkat dan bisa disimpan di kantor fosil yang ada di Desa Jembarwangi," tuturnya.

Proses pengangkatan itu berjalan selama 8 hari terhitung awal mulai melakukan ekskavasi. Tim peneliti pun berhasil mengangkat kura-kura purba secara utuh yang diduga berusia 1,2 juta tahun lalu.

Editor : Lisvi Padlilah