Anak Kecanduan Gadget, Ustadz Munawir Ngacir: Ajari Baca Alquran

Abdul Razak
Sabtu 28 Agustus 2021 07:01 WIB
Anak Kecanduan Gadget, Ustadz Munawir Ngacir: Ajari Baca Alquran
Ustadz Munawir Ngacir di Siraman Qolbu. (Foto: celebrities.id/YouTube Official iNews)

JAKARTA, celebrities.id - Mendidik anak merupakan hal yang wajib dilakukan setiap orangtua. Di dalam Islam, orangtua wajib mengajari anak ajaran agama sedari kecil.

Kehadiran anak di dalam sebuah rumah tangga juga merupakan anugerah. Seiringnya dengan perkembangan teknologi, membuat anak zaman sekarang sudah memiliki ponsel pintar pribadi.

Ditambah lagi dengan kondisi pandemi seperti ini yang mengharuskan anak belajar daring. Namun, sering kali orangtua merasakan anak kerap kecanduan bermain ponselnya. Kadang orangtua sulit untuk mengurangi kecanduan bermain ponsel tersebut.

"Ketika dengan anak-anak kita ketika sudah senang bermain gagdget, untuk kembali semula susah, apalagi anak-anak mencari ilmu di rumah," ucap Ustadz Munawir Ngacir dalam tausiah yang dikutip dari Official MNCTV, Sabtu (28/8/2021).

Dalam tausiah tersebut, Ustadz Munawir Ngacir menegaskan orangtua harus memberikan pelajaran kepada anak. Karena jika anak sudah kecanduan ponsel maka merugikan anak itu sendiri.

"Kalau orangtuanya mampu memberikan pelajaran kepada anak, tapi jikalau orantua yang terbatas susah, apalagi kecanduan gadget ini yang dirugikan anak-anak kita, mata sudah gak bisa lihat," ucap Ustadz Munawir Ngacir.

Oleh karena itu, Ustadz Munawir Ngacir mengingatkan untuk para orangtua agar selalu mengikut contoh Nabi Muhammad SAW dengan selalu mengajarkan anak-anaknya membaca Alquran.

"Maka dari itu orangtua mencontohkan baginda Nabi Muhammad SAW, ajarkan anak-anak kita baca Alquran. Semoga orangtua diberikan kesabaran yang banyak untuk anak-anaknya," ujar Ustadz Munawir Ngacir.

Editor : Dhita Seftiawan