Anak Rentan Alami Long Covid-19, Ini Anjuran Ahli Kesehatan

Kevi Laras
Jumat 11 Maret 2022 09:02 WIB
Anak Rentan Alami Long Covid-19, Ini Anjuran Ahli Kesehatan
Anak rentan alami Long Covid-19. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Saat anak terinfeksi Covid-19, orangtua merasa khawatir, terlebih bagi anak-anak yang belum bisa divaksinasi, di mana usianya di bawah 6 tahun.

Dokter spesialis anak konsultan penyakit infeksi dan pediatri tropis Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M.Trop.Paed mengingatkan orangtua harus bersiap terhadap kondisi terjadinya long Covid-19.

Di mana anak berpeluang mengalami long Covid-19 setelah sembuh. Sangat dianjurkan untuk para orangtua melakukan pengecekan kesehatan anak secara berkala, satu bulan sekali. 

"Kalau anak sudah pernah kena, orang tua perlu bersiap kemungkinan long Covid-19. Jadi setelah sembuh, bulan depannya kontrol ke dokter," kata Dr. Hindra dalam webinar Media Diskusi, Jumat (11/3/2022)1

Menurut dokter Hindar, Long Covid-19 sangat mungkin terjadi pada anak yang punya riwayat infeksi virus Corona. Dengan minimal satu gejala, menetap selama kurang 12 minggu, setelah hasil tes usap (swab) pertama dan tidak ditemukan diagnosis lainnya.

 

1
/
2