Anak Shireen Sungkar Alami Speech Delay, Apa Itu?

Rizky Pradita Ananda
Sabtu 19 Juni 2021 09:01 WIB
Anak Shireen Sungkar alami speech delay. (Foto: celebrities.id/Instagram @shireensungkar)

JAKARTA, celebrities.id – Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu telah dikarunia tiga anak yang sangat menggemaskan. Salah satu anaknya, Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih belakangan jarang muncul di akun Instagram kedua orangtuanya. 

Menjawab penasaran netizen akan hal itu, adik kandung Zaskia Sungkar ini menyebut bahwa putrinya tengah menjalani terapi speech delay lantaran mengalami keterlambatan berbicara.

"MasyaaAllah. Sayang ku si kalem yang masyaaAllah," tulis Shireen di media sosialnya miliknya seperti dikutip pada Sabtu (19/6/2021).

"Banyak yang tanya deksya kok jarang in frame? Deksya memang kalem. Suka main sendiri. Dan speech delay makanya lagi therapy. Semangat sayangkuuuuuuu love u," tulisnya.

Shireen mungkin bukanlah satu-satunya orangtua yang mengalami hal ini. Terkait speech delay, tidak dimungkiri anak yang mengalaminya kerap dianggap memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah dari seharusnya. Tapi, apakah benar speech delay ada hubungannya dengan kecerdasan anak?.

Ternyata jawabannya tidak selalu lho. Hal ini sebagaimana dijelaskan dr Catharine Mayung Sambo SpA (K). Kondisi speech delay tidak melulu mutlak berhubungan dengan kecerdasan anak. Speech delay bisa dipicu berbagai faktor.

"Tidak selalu, tapi umumnya demikian. Terlambat bicara penyebabnya macam-macam. Dari yang kurang stimulasi, sampai penyebab serius seperti gangguan pendengaran, gangguan perilaku (misalnya ASD), disabilitas intelektual, atau global delayed development," ujar dr Catharine.

 

1
/
2