Anak Tak Sengaja Menelan Benda Asing? Tindakan Medis Ini Bisa Selamatkan Nyawa

Muhammad Sukardi
Sabtu 06 Agustus 2022 13:46 WIB
Anak Tak Sengaja Menelan Benda Asing? Tindakan Medis Ini Bisa Selamatkan Nyawa
Anak tak sengaja menelan benda asing. (celebrities.id/Freepic)

JAKARTA, celebrities.id - Kejadian anak menelan benda asing, salah satunya koin, terjadi di banyak kasus. 

Bahkan, menurut laporan Mayapada Hospital menelan benda asing tanpa sengaja adalah 80 persen kasus kegawatdaruratan pada anak-anak.

Nah, bicara soal benda asing atau dalam dunia medis disebut dengan Corpus Alienum, yang paling sering tertelan anak-anak antara lain koin, mainan, magnet, dan baterai. 

Beda kasusnya pada orang dewasa, benda asing yang paling banyak tertelan adalah tulang dan gumpalan daging.

Lebih lanjut, menurut studi 80-90 persen benda asing yang tak sengaja tertelan akan keluar dengan sendirinya melalui saluran cerna dan sedikit kasus sampai membutuhkan tindakan operasi.

Menjadi serius ketika benda asing yang tertelan menyumbat saluran yang lebih kecil, seperti saluran kerongkongan, apalagi pada anak-anak. 
Parahnya, kalau yang masuk benda tajam, ini bisa melukai organ dalam yang menyebabkan perdarahan hebat.

Kasus anak menelan benda asing tak sengaja belum lama ini dilaporkan Mayapada Hospital Kuningan. Kasusnya begini, seorang anak berusia 4 tahun 10 bulan menelan uang koin Rp1.000. 

Karena uang koin tersebut besar dan sudah lebih dari 4 jam berada di dalam tubuh, tidak berhasil dikeluarkan melalui BAB, tim medis pun segera melakukan tindakan pengeluaran koin dengan endoskopi.

"Tindakan endoskopi dilakukan dengan harapan koin yang terjebak di dalam tubuh si anak bisa segera dikeluarkan," kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Hati dan Saluran Cerna (Gastroenterohepatologi) Mayapada Hospital Kuningan Dr.dr. Eva Jeumpa Soelaeman, Sp.A(K), pada MNC Portal, Sabtu (6/8/2022).

Menurut penjelasan dr Eva, tindakan endoskopi dilakukan berkolaborasi bersama dokter anestesi anak agar saat proses endoskopi anak dalam kondisi tertidur tenang.

 

1
/
2