Ananda Mikola Sebut Dampak Positif Formula E di Indonesia, Jadi Kiblat Motorsports Kawasan Asia

Rio Eristiawan
Kamis 23 Juni 2022 19:44 WIB
Ananda Mikola Sebut Dampak Positif Formula E di Indonesia, Jadi Kiblat Motorsports Kawasan Asia
Ananda Mikola sebut dampak positif Formula E di Indonesia, jadi kiblat Motorsports kawasan Asia. (Foto:celebrities.id/MPI Heru Haryono)

JAKARTA, celebrities.id - Legenda balap Indonesia, Ananda Mikola mengungkap dampak positif dari ajang Formula E di Indonesia. Dia menilai ajang tersebut bisa menjadi kiblat motorsports di kawasan Asia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia baru saja menggelar ajang balapan Formula E di Jakarta. Balapan tersebut berlangsung di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 4 Juni 2022. Pembalap Jaguar TCS, Mitch Evans berhasil menjadi yang terbaik di balapat tersebut.

Pembalap asal Selandia baru itu berhasil keluar sebagai juara, sekaligus menjadi pembalap pertama yang meraih kemenangan di Indonesia. Ajang Formula E adalah balapan mobil listrik pertama yang diselenggarakan di Indonesia. Berakhirnya ajang tersebut praktis meninggalkan kesan tersendiri untuk Ananda.

Ananda mengatakan ajang Formula E memberikan dampak positif kepada Indonesia, khususnya mengenai teknologi di masa mendatang. Selain itu, ia menilai Indonesia sebagai kiblat motorsports di kawasan Asia.

"Formula E akan memberikan impek bagus di masa mendatang dengan kehadiran investror-inversto yang ingin mengemabngkan teknologi. Kalo segi balapanya, Indonesia menjadi kiblat dari motorsports di asia karena sudah siap menyelenggarakan balapan dengan beberapa sirkuit seperti Sentul dan Ancol," kata Ananda dalam virtual konferensi pers, Kamis (23/6/2022).

Pria berusia 42 tahun itu mengatakan Formula 1 memfokuskan diri pada ajang balapan. Sedangkan Formula E memilih tuan rumah yang benar-benar sudah siap untuk menggelar balapan tersebut.

"Formula E berbeda dengan F1, karena F1 benar-benar menyajikan sports. Tapi kalo FE memilih tuan rumah yang sudah siap untuk menjadi tuan rumah," ucapnya.

Ananda pun menilai Formula E baru kelihatan dampaknya di masa mendatang. Selain itu ia menjelaskan negara-negara lain juga akan tertarik untuk menjadi tuan rumah ajang balapan mobil listrik.

"Kalo kita ingin melihat kegunaannya, Formula E untuk melihat masa depan untuk melihat mobil yang bebas polusi. Nantinya di masa depan negara-negara lain ingin menjadi tuan rumah," tuturnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra