Ancaman PHK Semakin Nyata, Persiapan Dana Darurat jadi Krusial

Icon CameraIkhsan Permana
Kamis 24 November 2022 21:32 WIB
Ancaman PHK Semakin Nyata, Persiapan Dana Darurat jadi Krusial
Persiapan dana darurat jadi krusial ditengah tren PHK. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin marak terjadi, diprediksi akan berlangsung hingga 2023, saat ancaman resesi global melanda.

Financial Planner Dwi Wulandari mengatakan, seiring dengan banyaknya kasus PHK, para pekerja khsusnya kaum milenial perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan kondisi ekonomi, salah satunya dengan menyediakan dana darurat.

"Menghadapi katanya mau resesi, katanya nanti akan ada pemutusan hubungan kerja, berarti kita harus siap dana darurat. Jadi dana darurat itu adalah tujuan keuangan yang paling dasar, sebelum lari ke investasi," katanya dalam webinar BuddyKu Fest yang digelar secara daring, Kamis (24/11/2022).

Dia menuturkan, dana darurat sebaiknya diletakkan pada instrumen yang memiliki resiko rendah, dan mudah dicairkan misalnya dalam bentuk tabungan deposito, emas, reksadana dan pasar uang.

Dwi menegaskan, dana darurat tersebut harus didiamkan dan baru bisa dipakai jika benar-benar dalam kondisi yang darurat saja.

"Darurat itu apa? satu kita tidak mengira bahwa itu akan terjadi, dua ketika terjadi harus segera dibayar. Jadi kayak PHK, kita enggak mengira bakal di PHK, tapi ketika di PHK kita enggak ada sumber income, sedangkan kita tetap butuh biaya sehari-hari, di situlah masuklah peran dana darurat," katanya.

Editor : Imantoko Kurniadi