Andra Ramadhan Dianggap Gitaris Jenius, Ngaku Tak Tahu soal Teori Musik 

Ahmad Haidir
Rabu 05 Januari 2022 15:20 WIB
Andra Ramadhan Dianggap Gitaris Jenius, Ngaku Tak Tahu soal Teori Musik 
Andra Ramadhan tak mau dijuluki gitaris jenius. (Foto: celebrities.id/Instagram @andra_photo)

JAKARTA, celebrities.id – Di balik sebuah lagu-lagu hits dari seorang musisi atau band, tentu ada peran gitaris yang menghadirkan alunan nada dan melodi sehingga menjadi penentu enak atau tidaknya sebuah lagu. 

Hal ini juga berlaku bagi grup Dewa 19 dan Andra and The Backbone, di mana sosok gitaris Andra Ramadhan disebut-sebut sebagai seorang yang jenius dalam hal bermusik, khususnya bermain gitar. Sebab, dia dinilai memiliki kemampuan menghadirkan alunan musik yang enak dan unik. 

Andra pun dicap sebagai gitaris jenuis. Namun, Andra justru mengaku julukan tersebut sama sekali tidak tepat. Hal ini lantaran gitaris asal Surabaya itu mengaku justru tak paham soal teori musik.

Andra menganggap bahwa dirinya tidak jenius karena sama sekali tak tahu soal teori musik. Adapun kemampuannya itu, dia dapatkan melalui belajar secara otodidak saja. 

“Mungkin orang yang ngomong kayak gitu akan kecewa gitu setelah tau, gue nggak sejenius itu sebenarnya. Bahkan gue kan karena otodidak, gue teori musik tak tahu sama sekali. Bahkan chord juga gue nggak semuanya tahu namanya”, ungkap Andra dalam konten YouTube  ‘One Day With Andra Ramadhan’, Rabu (5/1/2022). 

Gitaris yang memiliki nama lengkap Andra Junaidi Ramadhan itu lantas menjelaskan bahwa dalam membuat suatu lagu, dia hanya mengandalkan kupingnya saja. 

Andra bahkan menyebut bahwa ia bingung apabila ditanya tentang kiat atau tips di balik kesuksesannya dalam menghadirkan lagu yang enak. 

“Gue cuma andelin kuping sih, jadi kalo emang enak di kuping, ya udah gitu. Jadi kalau ditanya kuncinya apa, nggak tahu”, ucapnya. 

Lama berkarier sebagai seorang gitaris, Andra juga menyampaikan bahwa yang terpenting bagi seorang musisi itu adalah menjaga mood agar tidak bosan dalam bermusik.

Editor : Hadits Abdillah