Aneka Kuliner Khas Betawi di Setu Babakan, Selalu Hadir di Hari Besar Jakarta

Siska Permata Sari
Selasa 21 Juni 2022 16:30 WIB
Aneka Kuliner Khas Betawi di Setu Babakan, Selalu Hadir di Hari Besar Jakarta
Aneka kuliner khas Betawi. (Foto: MNC/Siska)

JAKARTA, celebrities.id - Aneka kuliner khas Betawi, selalu muncul di hari-hari besar Jakarta, seperti HUT ke-495 DKI yang jatuh pada 22 Juni 2022.

Jika Anda hendak mencicipi aneka kuliner Betawi sekaligus merasakan nuansa Betawi yang kental, datanglah ke Setu Babakan. Tempat itu merupakan suatu cagar budaya yang berlokasi di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Di sana, Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Betawi sambil melihat panorama danau atau Situ Babakan. Berikut jajaran kuliner yang dapat dinikmati di Setu Babakan, seperti dirangkum MNC Portal pada Selasa (21/6/2022).

Makanan Khas Betawi

Kerak Telor

Pergi ke Setu Babakan, tidak lengkap bila tak mencicipi makanan khas Betawi, kerak telor. Di sepanjang Setu Babakan, terdapat warung-warung yang menjual kerak telor. Ini merupakan kuliner khas Betawi yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, dan ebi. 

Kerak telor lalu ditambah dengan bawang merah goreng, serta bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Anda bisa mencoba seporsi kerak telor di Setu Babakan seharga Rp20 ribuan.

Bir Pletok

Kuliner khas Betawi berikutnya yakni bir pletok. Anda dapat menemui minuman bir pletok itu hampir di semua warung makan sepanjang Setu Babakan. Meski namanya ‘bir’ pletok, minuman ini sebenarnya tidak mengandung alkohol dan justru terbuat dari godokan 13 macam rempah.

Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat bir pletok yakni, jahe, jahe merah, sereh, kunyit, kayu secang, kayu manis, lada hitam, daun pandan, daun jeruk, biji pala, kapulaga, kembang lawang, serta cengkeh. Minuman ini juga enak disajikan dengan es batu. Untuk satu botolnya sendiri dibanderol harga Rp20 ribu.

 

1
/
2