Antibodi Alami versus Vaksin Covid-19, Mana Lebih Awet di Tubuh?

Muhammad Sukardi
Jumat 16 Juli 2021 13:22 WIB
Antara vaksin alami dan Covid-19. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Infeksi Covid-19 yang dialami seseorang akan menghasilkan antibodi dalam tubuhnya. Antibodi yang terbentuk secara alami ini yang nantinya akan menjaga tubuh dari paparan lanjutan Covid-19 setelah sembuh.

Hal serupa yang coba dilakukan oleh vaksinasi. Bedanya, kalau dengan vaksin, virus yang dimasukkan itu virus yang dilemahkan dengan harapan tubuh dapat mengenali virus dan tetap terbentuk antibodi di dalam tubuh.

Namun, menjadi pertanyaan sekarang, mana jenis antibodi yang lebih awet atau bertahan lama di tubuh manusia, yang berasal dari infeksi langsung atau vaksin Covid-19?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital, dr Yoga Fitria Kusuma, SpPD, coba menjawab hal tersebut dan menurutnya, sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan.

"Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut, karena sampai saat ini belum ada hasil riset yang cukup kuat untuk menjawab pertanyaan itu," kata dr Yoga Fitria, dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Jumat (16/7/2021).

 

1
/
2