Apa Arti Adigang, Adigung, Adiguna? Filosofi Jawa Berisi Nasihat Sesepuh

Icon CameraIqbal Widiarko
Kamis 26 Januari 2023 12:44 WIB
Apa Arti Adigang, Adigung, Adiguna? Filosofi Jawa Berisi Nasihat Sesepuh
Apa arti Adigang, Adigung, Adiguna dalam filosofi Jawa? (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Apa arti Adigang Adigung Adiguna? Sebuah filosofi Jawa yang kerap digunakan para orang tua atau sesepuh ini berisi nasihat dalam menjalani kehidupan.

Filosofi tersebut ditujukan agar manusia selalu bersikap rendah hati, hidup sederhana dan tidak takabur dengan apa yang telah dimilikinya kini. Karena terkadang, manusia mudah luput akan harta, tahta maupun wanita.

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (26/1/2023), celebrities.id telah merangkum apa arti adigang adigung adiguna, sebagai berikut.

Apa Arti Adigang, Adigung, Adiguna?

1. Adigang

Menurut filosofi Jawa, Adigang secara harfiah bermakna orang yang mempunyai kelebihan kekuatan dan kekuasaan, memegang satu kendali yang ada di masyarakat. Orang tersebut tidak boleh membanggakan kekuatannya dan kekuasaannya.

2. Adigung

Adigung artinya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain baik dalam harta, keturunan ataupun keagungan, tidak berarti bahwa kita boleh membanggakannya.

3. Adiguna

Sedangkan, Adiguna adalah orang yang membanggakan kecerdasan, kemampuan, serta kepintarannya dan orang tersebut tidak boleh membanggakannya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2