Apa Arti Fashion Week? Istilah yang Diperbincangkan Gara-Gara Citayam Fashion Week

Oktiani Endarwati
Jumat 29 Juli 2022 13:06 WIB
Apa Arti Fashion Week? Istilah yang Diperbincangkan Gara-Gara Citayam Fashion Week
Apa arti fashion week? (Foto: celebrities.id/Instagram @parisfashionweek)

JAKARTA, celebrities.id – Istilah fashion week menjadi topik hangat yang diperbincangkan di media sosial belakangan ini. Hal itu tidak terlepas dari fenomena Citayam Fashion Week yang menjadi populer di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Lalu, apa arti fashion week yang sebenarnya?

Berikut celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/7/2022), mengenai apa arti fashion week.

Apa Arti Fashion Week?

Fashion week atau pekan mode bukanlah istilah baru dalam dunia fesyen. Fashion week merupakan ajang bagi perancang busana, merek busana, brand fashion maupun industri untuk memamerkan produk atau koleksi mereka. 

Sesuai namanya, penyelenggaraan fashion week biasanya hanya dilakukan selama satu pekan. Sudah banyak kota atau negara yang menyelenggarakan peragaan busana dengan embel-embel fashion week. 

Meski banyak negara maupun kota yang menyelenggarakan fashion week, hanya ada empat kota mode dunia yang terkenal dalam penyelenggaraan fashion week atau yang lebih dikenal “big four fashion week”. 

Pekan mode yang terkenal tersebut adalah New York, London, Milan, dan Paris. Keempat pekan mode tersebut menjadi acuan dalam dunia fesyen karena pelopor pekan mode yang konsisten mempertahankan reputasinya.

Banyak selebriti hingga wisatawan yang berdatangan ke kota-kota tersebut hanya untuk melihat penyelenggaraan fashion week dan sejumlah koleksi busana dari desainer ternama.

Ajang ini juga memungkinkan industri fesyen untuk mengetahui apa yang sedang in dan apa yang sudah out dalam suatu musim busana tertentu.

Fenomena Citayam Fashion Week

Citayam Fashion Week menjadi ramai diperbincangkan di media sosial belakangan ini. Fenomena ini terinspirasi dari Paris Fashion Week dan menjadikan jalanan sebagai ajang pameran busana. 

Jika Paris Fashion Week diikuti oleh desainer ternama, lain hal dengan Citayam Fashion Week yang diikuti dari anak-anak muda yang suka nongkrong di kawasan Dukuh Atas.

Citayam Fashion Week bermula dari anak-anak muda asal Citayam, Bogor dan Depok yang nongkrong di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Lokasi tersebut memang cukup strategis dan mudah diakses bagi warga Citayam, Bojong Gede, dan Depok dengan KRL.

Anak-anak muda tersebut kerap unjuk gigi saling beradu gaya dengan memanfaatkan outfit mereka masing-masing. Hingga muncul ide Citayam Fashion Week sebagai tempat untuk menghabiskan waktu dan adu kreativitas para anak muda untuk tampil modis.

Citayam Fashion Week juga dimanfaatkan untuk membuat konten video dan foto yang kemudian diunggah di media sosial. Dari fenomena ini muncul nama Bonge dan Jeje sebagai ikon dari Citayam Fashion Week yang tengah viral. Adapun sejumlah influencer, selebgram, artis, dan tokoh publik juga ikut meramaikan Citayam Fashion Week.

Editor : Oktiani Endarwati