Apa Arti Kata Kiong Hi? Sering Diucapkan saat Perayaan Imlek

Icon CameraBertold Ananda
Kamis 26 Januari 2023 12:03 WIB
Apa Arti Kata Kiong Hi? Sering Diucapkan saat Perayaan Imlek
Apa arti kata Kiong Hi yang diucapkan saat Imlek? (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Apa arti kata Kiong Hi? Kata ini sering kali kita dengar atau diucapkan masyarakat yang merayakan Imlek. 

Kata Kiong Hi memang sangat melekat dengan masyarakat Tionghoa saat perayaan tahun baru Imlek. Bagi orang awam, kata Kiong Hi tentu memunculkan pertanyaan yang membuat rasa penasaran.

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber pada Kamis (26/1/2023) terkait arti kata Kiong Hi yang viral pada hari raya Imlek 2023.

Apa Arti Kata Kiong Hi?

Menurut buku Perayaan Tionghoa di Indonesia karya Alex Cheung dkk (2022, hal 29) kata Kiong Hi merupakan bahasa dialek Hokkian yang dalam lafal Mandarin adalah "Gong Xi Fat Cai" mengartikan kata "Kiong Hi Huat Cai".

Seiring dengan berkembangnya zaman, kata "Kiong Hi Huat Cai" dipersingkat menjadi kata "Kiong Hi". Arti kata tersebut jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah "Selamat".

Pengucapan ini umumnya hanya sebatas diucapkan dengan kata "Kiong Hi" saja saat berkumpul merayakan tahun baru Imlek. Begitu pula dalam tradisi China asli, kata" Kiong Hi" melebih sering di ucapkan ketimbang kata "Gong Xi Fat Chai".

Namun jika kamu ingin mengacu pada ucapan umum yang dikalangan masyarakat Indonesia, terutama dari suku Hokkian maka pengucapan Selamat Tahun Baru Imlek yang umum digunakan adalah "Sing Chun Kiong Hie" yang mengartikan kalimat "Selamat Menyambut Musim Semi yang Baru".

Itulah arti kata "Kiong Hi" yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

Editor : Oktiani Endarwati

Follow Berita Celebrities di Google News