Apa Arti Ril or Fek yang Digunakan di Media Sosial?

Oktiani Endarwati
Rabu 03 Agustus 2022 14:09 WIB
Apa Arti Ril or Fek yang Digunakan di Media Sosial?
Apa arti ril or fek? (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id – Pengguna media sosial pasti tidak asing lagi dengan istilah ril or fek. Lalu, apa arti ril or fek?

Ril or fek termasuk dalam bahasa gaul yang cukup sering digunakan di media sosial. Istilah ini berawal dari media sosial Twitter untuk menanyakan sebuah kebenaran informasi. Lama-kelamaan istilah tersebut sering digunakan di media sosial. 

Dari pada penasaran, berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022), mengenai apa arti ril or fek.

Apa Arti Ril or Fek?

Ril or Fek bukan berasal dari bahasa Indonesia dan tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ril or fek merupakan plesetan dari bahasa Inggris.

Ril berasal dari kata Real yang artinya asli, benar, atau nyata. Sementara Fek berasal dari kata Fake yang palsu atau bohong. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, real or fake artinya asli atau palsu. 

Ungkapan tersebut digunakan untuk menanyakan sebuah informasi apakah benar sesuai fakta atau palsu. Memang jika dilafalkan dalam bahasa Indonesia, ungkapan real or fake akan dibaca seperti “ril or fek”. 

Inilah yang menjadi awal mula “real or fake” dalam bahasa Inggris ditulis menjadi “ril or fek” agar lebih mudah ketika ditulis dan terkesan simpel.

Penggunaan kata ril or fek sering digunakan di media sosial untuk menanyakan kebenaran sebuah postingan. Memang terkadang banyak postingan di media sosial yang menebarkan berita bohong sehingga harus dipastikan dulu kebenarannya.

Untuk itu, banyak netizen yang kritis menanyakan informasi-informasi yang beredar di media sosial. Hal ini penting agar kita juga tidak termakan berita hoaks di media sosial.

Editor : Oktiani Endarwati