Apa itu Coronasomnia dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Ini Penjelasannya

MNC Media
Rabu 21 Juli 2021 07:31 WIB
Apa itu coronasomnia? Istilah ini diberikan para ahli. (Foto: celebrities.id/ MNC Media).

JAKARTA, celebrities.id - Pandemi covid-19 mengubah  cara orang melaksanakan kegiatan, seperti  bersekolah, beribadah dan bekerja  yang harus dilakukan dari rumah.   Sementara banyak kegiatan lain yang hampir sama sekali tidak dapat dilaksanakan, misalnya berlibur.  Perubahan ini tentu memengaruhi kondisi  keseharian seseorang termasuk pola dan kualitas tidur.

Berbagai perubahan yang membuat orang lebih banyak harus berada di dalam rumah menimbulkan masalah baru pada kesehatan. Rutinitas yang monoton di dalam rumah dapat menimbulkan  stress. Hal ini juga akhirnya berdampak negatif pada pola dan kualitas  tidur seseorang.

Dilansir dari Healthline, stress yang bertahan lama berdampak buruk terhadap  pola tidur. Apabila orang sulit tidur akibat stress maka mereka cenderung mengalami kesulitan dalam mengatur emosi dan pikiran pada esok harinya. Hal itu berdampak lebih lanjut dan menjadi siklus buruk yang terus terjadi.

Memburuknya pola tidur di masa pandemi seperti ini disebut coronasomnia, istilah yang diberikan para ahli untuk gangguan tidur saat pandemi yang disebabkan oleh tingkat stress seseorang.

 

1
/
3