Apa Itu Generasi dalam Kpop di Industri Hiburan Korea Selatan, Begini Penjelasannya

Abdul Razak
Jumat 17 Juni 2022 14:43 WIB
Apa Itu Generasi dalam Kpop di Industri Hiburan Korea Selatan, Begini Penjelasannya
Apa itu generasi dalam Kpop. (Foto: celebrities.id/Isntagram @pops_tagram)

SEOUL, celebrities.id - Apa itu generasi dalam Kpop menjadi salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan para pencinta Hallyu wave baru. Adapun generasi dalam Kpop menandai pergantian waktu kelahiran group Idol dan karakter musik maupun konsep secara umum pada angkatan tersebut.

Seperti yang diketahui, dunia Kpop telah merajai dunia musik dunia saat ini karena lagu-lagu yang dibawa, konsep group, keunggulan visual, serta karya yang ditonjolkan oleh para Idol. Tak heran, kini banyak bermunculan agensi dan Idol baru setiap tahunnya.

Generasi Kpop sendiri saat ini telah memasuki generasi keempat. Untuk lebih jelasnya, berikut celebrities.id rangkum apa itu generasi dalam Kpop dari berbagai sumber, Jumat (17/6/2022).

4 Generasi dalam Kpop

1. Kpop Generasi pertama

Idol generasi pertama Fin.K.L. (Foto: celebrities.id/Instagram @finkl_story)

Generasi Idol pertama dimulai dari 1994 hingga 2004. Banyak yang menandai era awal Kpop adalah dengan adanya kemunculan group awal Seo Taiji dan Boys yang debut pada 1992. Salah satu personel Seo Tae Ji yakni Yang Hyn Suk sendiri saat ini menjadi pendiri agensi musik Kpop terbesar di Korea Selatan, YG Entertainment.

Namun, pada generasi ini pula dikenal group Idol berikutnya yakni boyband HOT dan Shinhwa (SM Entertainment), Sechskies (YG Entertainment), dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk girlband di antaranya ada SES (SM Entertainment), Fin.KL (DSP), dan Baby VOX (DR Music). Berbeda dengan jaman sekarang yang serba digital, untuk memesan tiket konser, para fandom harus rela mengantre sehari sebelum penjualannya.

2. Idol generasi kedua

Girls Generation atau SNSD girl group Kpop generasi kedua. (Foto: celebrities.id/Instagram)

Idol generasi kedua sendiri dimulai dari 2005 hingga 2012. Beberapa nama girlband dan boyband mulai bermunculan dan beberapa sukses mencuri perhatian dunia ditambah lagi mulai adanya teknologi digital.

Beberapa boyband yang masuk dilini generasi kedua yakni TVXQ, Super Junior, BIGBANG, SHINee, 2PM hingga SS501. Sedangkan untuk girlbandnya, diantaranya Girls Generation, Wonder Girls, 2NE1, dan juga KARA. 

Super Junior dan SS501 memulai debutnya pada 2005, BIGBANG pada tahun 2006, kemudian Girls Generation, Wonder Girls, dan Kara memulai debutnya dan meraih sukses besar sebagai generasi kedua. 

Sejak saat itu, 3 perusahaan hiburan teratas, SM, YG, dan JYP yang kita kenal sekarang menjadi Big Three. Selama masa ini, idola generasi kedua disebut paling aktif dan memiliki interaksi yang bagus. Mereka juga dianggap yang punya peran besar atas pertumbuhan Kpop.

3. Idol generasi ketiga

BLACKPINK salah satu group Kpop generasi ketiga. (Foto: celebrities.id/Isntagram @blackpinkofficial)

Setelah itu, muncul lagi Idol generasi ketiga yakni mulai dari 2013 hingga 2019. Beberapa nama besar boyband dan girlband generasi ketiga mulai cukup familiar di kancah dunia international.

Boybandnya sendiri diantaranya ada BTS, EXO, SEVENTEEN, NU'EST, VIXX, GOT7, iKON, MONSTA X dan NCT. Sedangkan untuk girlbandnya sendiri yakni, BLACKPINK, Red Velvet, TWICE, EXID, Mamamoo, GFRIEND, dan OH MY GIRL.

Salah satu perbedaan utama di generasi ketiga dan generasi sebelumnya adalah idola generasi ketiga banyak aktif membuat berbagai konten menarik di YouTube hingga platform media sosial lainnya. 

Setelah TVXQ memecahkan rekor pertama dengan 100 ribu penjualan album pada tahun 2008 sebagai generasi kedua, maka EXO juga menjadi topik hangat ketika mereka mencapai 100 ribu penjualan album pertama mereka untuk generasi ketiga.

Namun, sekarang ada 13 grup idola dan 3 artis solo dengan lebih dari 300 ribu penjualan album dari awal. Bahkan, BTS yang dikenal sebagai grup Idola teratas dunia mampu memecahkan banyak rekor di antaranya menjual lebih dari 100 ribu keping copy dan mencapai lebih dari 300 ribu penjualan album setiap kali mereka merilis album baru.

4. Idol generasi keempat 

ITZY jadi girl group generasi ke-4 Kpop. (Foto: celebrities.id/Allkpop)

Terakhir, Idol generasi keempat dimulai dari tahun 2019 hingga saat ini. Berbagai nama Idol dari boyband dan girlband banyak bermunculan. Untuk boy group seperti TXT, TREASURE, ENHYPEN, Stray Kids,dan  Verivery.

Sedangkan, untuk girlbandnya sendiri seperti aespa, ITZY, (G)-DLE, NiziU, Secret Number dan juga Everglow. Menriknya, di generasi keempat ini berbagai kesempatan dan juga peluang semakin terbuka untuk menjadi Idol.

Berbagai Idola saat ini aktif termasuk grup yang memulai debutnya dari perusahaan hiburan yang menciptakan kesuksesan idola generasi ketiga dan grup dari program audisi seperti Produce 101. Para agensi juga melakukan audisi global di berbagai negara baik secara offline maupun onlie.

Selain itu, grup Idol biasanya bertujuan untuk sukses di Korea terlebih dahulu, kemudian melakukan debut internasional, sedangkan di generasi keempat grup bertujuan untuk go global sejak awal.

Bahkan, fandom idola generasi keempat diketahui memiliki komunikasi dua arah dengan penggemar mereka di platform media sosial baru. Jadi tak heran, koneksi antara penggemar dan juga Idol semakin terhubung satu sama lain.

Editor : Lisvi Padlilah