Apa itu Program Keluarga Harapan Tahap 2? Simak Penjelasan dan Cara Mengecek Penerimaannya

Zahrah Hana Afifah
Rabu 22 Juni 2022 14:10 WIB
Apa itu Program Keluarga Harapan Tahap 2? Simak Penjelasan dan Cara Mengecek Penerimaannya
Cara mendaftar Program Keluarga Harapan. (Foto: MPi)

JAKARTA, celebrities.id - Sebutan PKH sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya tak hanya PKH saja, ada pula sebutan PKH Tahap 2. Hal ini tentunya mengundang perhatian masyarakat dan mencari tahu lebih dalam papa itu PKH Tahap 2.

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Sosial, PKH merupakan Program Keluarga Harapan. Program ini berupa bantuan sosial bersyarat pada yang diberikan untuk keluarga Miskin yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai keluarga penerima manfaat PKH. 

Lalu apa itu PKH Tahap 2? 

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (22/6/2022) apa itu PKH Tahap 2? PKH Tahap 2 merupakan program lanjutan dari PKH yang diadakan oleh Kementrian Sosial berupa bantuan sosial Program Keluarga Harapan yang ditujukan untuk keluarga miskin yang sudah terdata oleh pemerintah. 

PKH ini untuk penanggulangan kemiskinan serta menadapatkan fasilitas kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial yang layak. 

Kriteria penerima PKH Tahap 2

Penerima bantuan PKH dalam keluarga memiliki :

1. Ibu hamil, mendapat layanan kesehatan (pemeriksaan khamilan minimal 4 kali selama kehamilan, dan pemeriksaan kesehatan ibu nifas).

2. Anak usia dini 0-6 tahun, mendapat layanan kesehatan (pemeriksaan kesehatan, penimbangan, hingga pemantauan perkembangan)

3. Anak sekolah (SD, SMP, SMA), mendapat layanan pendidikan (bagi yang belum menyelesaikan pendidikan, terdaftar di sekolah kesetaraan, minimal 85 persen kehadiran di kelas).

4. Lansia 70 tahun keatas, mendapat layanan kesejahteraan sosial (pemeriksaan kesehatan, penggunaan layanan puskesmas, layanan home care, dan day care).

5. Penyandang disabilitas berat, mendapat layanan kesejahteraan sosial ( pemeriksaan kesehatan, layanan home visit, dan layanan home care).

 

1
/
2