Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

Icon CameraOktiani Endarwati
Jumat 06 Mei 2022 14:11 WIB
Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya
Begadang dapat memengaruhi kesehatan dan berat badan. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan banyak orang, khususnya mereka yang masih tetap aktif hingga larut malam. 

Sebagian orang beranggapan terlalu banyak tidur dapat membuat berat badan naik. Lalu, bagaimana dengan begadang? Apakah begadang bisa menurunkan berat badan?

Begadang atau tidak tidur pada malam hari merupakan kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kesehatan dan berat badan. Meski begitu, bedagang bukanlah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan.

celebrities.id merangkum dari berbagai sumber mengenai begadang bisa menurunkan berat badan dan alasannya, Jumat (6/5/2022).

Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan?

Melansir dari laman SehatQ, begadang tidak bisa menurunkan berat badan. Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikannya bahwa begadang bisa menurunkan berat badan.

Sebaliknya, berbagai penelitian mengenai kurang tidur menunjukkan bahwa begadang  bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas. Hal ini karena nafsu makan yang meningkatkan dan perubahan selera makanan.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan Proceedings of National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS), begadang memang dapat membuat metabolisme tetap aktif dan membakar lebih banyak kalori (hingga 111 kalori). Namun, di sisi lain, selera makan peserta penelitian yang begadang, terutama mereka yang tidur hanya 5 jam, menjadi lebih besar dan membuat mereka menjadi makan berlebihan.

Kondisi ini cenderung membuat peserta penelitian yang begadang mengalami kenaikan berat badan dengan rata-rata 0,9 kg dalam satu pekan.

Kurang tidur atau begadang juga memicu peningkatan selera makan. Mereka yang begadang cenderung makan lebih makan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan karbohidrat secara berlebihan. Pada akhirnya, kondisi ini yang mendorong kenaikan berat badan.

Orang yang begadang juga akan mengalami perubahan pola makan. Mereka cenderung makan lebih banyak setelah makan malam. Bahkan asupan kalori dari camilan yang dikonsumsi setelah makan malam bahkan jumlahnya bisa lebih besar dari waktu makan lainnya.

Selain berdampak pada kenaikan berat badan, begadang juga memberikan efek buruk pada tubuh. Beberapa penyakit yang bisa dipicu oleh kebiasaan begadang adalah penyakit jantung koroner dan diabetes.
 

Editor : Oktiani Endarwati

Follow Berita Celebrities di Google News