Apakah Mata Juling Bisa Disembuhkan? Begini Cara Mengobatinya

Icon CameraIqbal Widiarko
Jumat 10 Juni 2022 14:42 WIB
Apakah Mata Juling Bisa Disembuhkan? Begini Cara Mengobatinya
Apakah mata juling bisa disembuhkan? (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Apakah mata juling bisa disembuhkan? Pertanyaan ini seringkali muncul pada seseorang dengan mata juling atau strabismus.

Kondisi mata juling pada umumnya disebabkan karena kerusakan saraf. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh otot mata yang tidak bekerja dan membuat otak menerima pesan visual yang berbeda dari mata.

Mata penderitanya akan bergerak ke arah tertentu, sementara mata lainnya melihat ke arah yang berlainan. Penyakit mata ini kerap terjadi pada usia anak-anak. Namun, sebagian kasus adalah keturunan dari orang tua.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (10/6/2022) telah merangkum tentang apakah mata juling bisa disembuhkan, sebagai berikut.

Mata Juling dan Ciri-cirinya

Melansir dari Jurnal Medika Udayana Vol.10 (2021), penyakit mata juling atau dalam istilah medis disebut strabismus merupakan kondisi kedua mata yang tidak sejajar dan melihat ke arah yang berlawanan.

Tanda mata juling yang paling sering terlihat yakni salah satu mata bisa berfungsi normal, sementara yang lain tidak bisa bergerak dengan sempurna. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi kualitas hidup penderita secara jangka panjang. Namun, keadaan mata juling seseorang juga dikenali dalam beberapa ciri-ciri tertentu.

Berikut beberapa ciri-ciri mata juling yang dialami seseorang, diantaranya:

1. Penderita memiliki mata yang tidak sejajar.
2. Penderita memiliki kedua mata yang tidak bergerak secara bersamaan.
3. Penderita kerap memiringkan kepala ketika melihat sesuatu.
4. Penderita kerap berkedip atau menyipitkan mata.
5. Penderita mengalami rasa tegang pada mata.
6. Penderita mengalami sakit kepala.
7. Penderita mengalami penglihatan yang kabur.
8. Penderita mengalami penglihatan ganda.

Apakah Mata Juling Bisa Disembuhkan?

Umumnya, mata juling tidak terjadi selamanya. Kelainan mata juling akan terdeteksi ketika seseorang sedang melamun, sakit atau keletihan. Kelainan mata juling dapat disembuhkan dengan beberapa langkah yang tepat. Mulai dari penggunaan kacamata sampai terapi mata.

Dengan rajin melakukan cara-cara tersebut, mata juling dapat berkurang dan bahkan sembuh. Apabila gangguan mata juling tidak cepat diobati, kondisi ini dapat terbawa hingga dewasa dan proses pengobatannya pun akan lebih sulit dan lama. Walaupun begitu, mata juling bisa disembuhkan dengan catatan ditangani dengan terapi yang tepat dan dideteksi sedini mungkin.

Cara Mengobati Mata Juling

1. Dengan Pemberian Obat Khusus

Umumnya, obat yang diberikan pada penderita mata juling merupakan obat-obatan yang dapat membuat mata menjadi lebih rileks. Dengan mempunyai mata yang lebih rileks, maka penglihatan penderita akan dapat lebih fokus dan terhindar dari mata juling.

Dokter nantinya juga akan memberikan obat tetes mata yang mengandung atropin demi mengaburkan penglihatan mata yang lebih kuat sehingga kedua mata mempunyai fokus yang sama, sekaligus membuat mata yang lemah bekerja lebih keras. Walaupun begitu, efek obat tetes mata ini hanya berlangsung sebentar.

 

1
/
2