Apakah Motor Matic Kuat dalam Perjalanan Jauh? Berikut Jawabannya!

Tangguh Yudha
Jumat 29 April 2022 12:07 WIB
Apakah Motor Matic Kuat dalam Perjalanan Jauh? Berikut Jawabannya!
Apakah motor matic kuat dalam perjalanan jauh? (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Apakah motor matic kuat dalam perjalanan jauh? hingga saat ini masih banyak yang menganggap motor matic tidak bisa diajak pergi jauh. Tak sedikit yang ragu akan kemampuan motor matic serta berasumsi motor jenis ini kurang nyaman untuk berkendara jarak jauh.

Padahal, pihak produsen motor matic sendiri telah memastikan bahwa motor matic yang mereka produksi sudah layak jalan. Mereka pun pastinya sudah menggelar rangkaian tes sebelum motor matic sampai ke tangan konsumen.

Seperti dilansir dari laman resmi Astra Motor, Jumat (29/4/2022) sebenarnya tidak ada masalah jika motor matic diajak pergi jauh. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan menjadi lebih aman.

Yang pertama adalah perhatikan belt CVT (Continous Variable Transmission). Belt CVT merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah motor matic. Perjalanan akan lebih aman dan nyaman kalau belt CVT dalam kondisi baik.

Jika memang pemakaiannya sudah melewati batas normal dan ketebalannya sudah tidak memenuhi standar, maka perlu dilakukan penggantian dengan yang baru. Batas normal belt CVT sendiri bisa dilihat di buku panduan.

Kemudian yang kedua adalah selalu mengecek kondisi ban. Ban merupakan komponen yang menggerakkan sepeda motor dan bersentuhan dengan jalan secara langsung. Akan sangat berbahaya kalau melakukan perjalanan dengan ban yang sudah gundul.

Ban yang sudah gundul akan memperbesar potensi tergelincir di jalan bahkan hingga ban pecah saat kamu gunakan berkendara. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi pengendara.

 

1
/
2