Apakah Perbedaan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat? Ini Penjelasan dan Contohnya

Bertold Ananda
Senin 14 Februari 2022 16:55 WIB
Apakah Perbedaan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat? Ini Penjelasan dan Contohnya
Apakah kamu pernah mengetahui apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat? Ini penjelasannya. (Ilustrasi: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id- Apakah kamu pernah mengetahui apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat? Perlu kamu ketahui bahwa sanksi kebiasaan dan adat istiadat itu kian berbeda.

Dalam ranah hukum, sanksi mendapatkan arti hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan. Sementara dalam ranah sosiologi, sanksi dapat diartikan sebagai kontrol sosial.

Maka dari itu setiap orang yang mengalami atau tersandung dalam suatu pelanggaran maka akan dikenakan berupa sanksi atau hukuman.
Lama dan besarnya sanksi yang dikenakan bergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan. Apabila seseorang melakukan pelanggaran berat, maka hukuman yang dikenakan akan semakin berat juga.

Dalam konteks hukum yang berlaku terdapat dua jenis sanksi, diantaranya meliputi sanksi kebiasaan dan adat istiadat. Lalu apa yang membedakan keduanya?

Berikut ini celebrites.id merangkum dari beberapa sumber, Senin (14/02/2022 ), terkait apakah perbedaan sanksi kebiasaan dan adat istiadat tersebut

Penjelasan Sanksi Kebiasaan dan Adat Istiadat

Sanksi kebiasaan umumnya diberlakukan kepada masyarakat luas, namun unsurnya bersifat mengikat. Sedangkan sanksi adat istiadat juga sifatnya mengikat, akan tetapi hal itu hanya berlaku pada sekelompok orang saja yang memahami adat istiadat dari suatu ketentuan yang telah ditetapkan.
sanksi kebiasaan memiliki unsur  peraturan tidak  tertulis, akan tetapi  sanksi ini sudah ada sejak dari jaman dulu  dan sudah  dijadikan kebiasaan oleh penduduk pada wilayah tersebut.

Sementara, melihat tentang sanksi adat istiadat memiliki unsur yang bersifat tertulis dan sudah diterapkan secara turun-temurun. Tentunya aturan tersebut sudah dirancang sedemikian rupa dalam suatu kelompok masyarakat.

 

1
/
2