Areola Payudara Lecet akibat Menyusui, Ini Penjelasan Ahli Kesehatan

Muhammad Sukardi
Sabtu 06 Agustus 2022 22:11 WIB
Areola Payudara Lecet akibat Menyusui, Ini Penjelasan Ahli Kesehatan
Areola Payudara Lecet akibat Menyusui, Ini Penjelasan Ahli Kesehatan. (Foto:celebrities.id/Freepik.com) 

JAKARTA, celebrities.id - Para ibu menyusui banyak yang mengalami areola payudara lecet akibat memberikan ASI ke bayi. Kondisi ini sangat wajar terjadi dan tidak berbahaya.

"Areola payudara bisa lecet saat ngasih ASI mungkin posisi bayinya tidak tepat, makanya lecet," tutur Ahli Kesehatan Anak Dr.dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K), dalam webinar IDAI memperingati Pekan Menyusui Sedunia, Sabtu (6/8/2022).

Dokter Naomi mengatakan bahwa lecet tersebut tidak akan membahayakan si ibu maupun bayinya. Tapi, kalau areola lecet, ibu jangan membiarkannya begitu saja. Tetap perlu diintervensi, misalnya menggunakan obat salep atau lotion dengan komposisi lanolin.

"Jadi, kalau areola sudah sampai lecet, maka ibu harus melakukan tindakan penyembuhan, salah satunya bisa dengan menggunakan lotion mengandung lanolin," kata dr Naomi.

Dia mengingatkan bahwa penting untuk mengatasi areola payudara lecet pada ibu menyusui. Sebab, hal itu akan berdampak pada proses pemberian ASI ke bayi, bahkan ke banyak-tidaknya ASI yang keluar.

"Ketika si ibu merasa tidak nyaman saat memberikan ASI karena ada area yang lecet, itu bisa memengaruhi rasa kebahagiaan si ibu memberikan ASI. Kalau ibunya merasa tidak nyaman karena rasa nyeri di lecetnya, itu akan memengaruhi produksi ASI," tuturnya.

Karena ada lecet dan ibu menggunakan lotion mengandung lanolin, maka pastikan penggunaan lotion sebelum atau sesudah memberikan ASI. Jangan biarkan lotion menyentuh area mulut bayi.

"Kalau pakai lotion sebelum memberikan ASI, pastikan area payudara bersih dari lotion. Jadi, usahakan lap bersih area areola payudara sebelum memberikan ASI ke bayi," tutur dr Naomi.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra