Arkeolog Klaim Temukan Lokasi Nabi Musa Bertemu Tuhan dan Membelah Lautan, Bukan di Sinai tapi Jabal Maqla

Kevin Koopman
Sabtu 02 Oktober 2021 15:02 WIB
Arkeolog Klaim Temukan Lokasi Nabi Musa Bertemu Tuhan dan Membelah Lautan, Bukan di Sinai tapi Jabal Maqla
Musa saat membelah lautan untuk menyelamatkan umatnya dari kejaran Firaun. (Foto: Paramount/Ilustrasi)

KAIRO, celebrities.id - Sejarah Perjanjian Lama memuat banyak kitab berbeda yang disusun, ditulis dan disunting oleh berbagai penulis selama beberapa abad lamanya. Dasar dari perjanjian lama Kristen adalah Alkitab Ibrani, tetapi tidak ada penjelasan di mana batasan penerapannya. 

Akhir-akhir ini, sekelompok arkeolog mengklaim bahwa mereka telah menemukan bukti terdapat beberapa bagian dari Alkitab itu nyata, namun belum bisa dipastikan secara geografis. 

Salah satunya terdapat kisah di Gunung Sinai dalam Perjanjian Lama sebagai tempat Tuhan menyerahkan 10 Perintah Allah kepada Musa. Gunung Sinai yang sekarang dikenal sebagai Jabal Musa, terletak di Semenanjung Sinai, Mesir. 

Para peneliti dari Doubting Thomas Research Foundation mengklaim bahwa Gunung Sinai dari Perjanjian Lama sebenarnya adalah gunung yang berjarak sekitar 80 mil ke arah timur. 

“Salah satu alasan utama para peneliti mengklaim bahwa eksodus adalah mitos karena sedikit atau tidak ada bukti yang ditemukan di Gunung Sinai atau semenanjung Sinai Mesir dari apa yang dicatat di Alkitab," ujar pendiri Doubting, Ryan Mauro dilansir dari Daily Star, Sabtu (2/10/2021).

Beberapa klaim berbeda inilah yang membuat pemetaan baru. Peneliti Doubting punya teori alternatif. “Pindah ke semenanjung di Arab dan kamu menemukan bukti yang sangat meyakinkan dan cocok dengan kisah di Alkitab,” ujar Ryan. 

Sebagian dari bukti-bukti menguatkan bahwa Jabal Maqla yang merupakan bagian dari pegunungan Jabal al-Lawz adalah Gunung Sinai. Indikatornya terlihat berdasarkan warna permukaan daratan.

Jabla Maqla memiliki sepetak batu berwarna gelap di bagian puncaknya. Menurut para peneliti batu tersebut berbentuk bujur sangkar dengan deskripsi sesuai Alkitab tentang Gunung Sinai yang terbungkus api. 

 

1
/
2