Arti Kata Ambigu, Multitafsir Bahasa yang Kerap Terjadi

Iqbal Widiarko
Jumat 24 Juni 2022 17:33 WIB
Arti Kata Ambigu, Multitafsir Bahasa yang Kerap Terjadi
Arti kata ambigu dalam KBBI dimaknai lebih dari satu sehingga kerap menimbulkan keraguan dan ketidakjelasan. (Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Arti kata ambigu dalam susunan kata sering terjadi karena kurang lengkapnya kata dalam sebuah kalimat. Kata ambigu bisa menyebabkan kalimat menjadi multitafsir dan tidak logis. 

Adanya kalimat ambigu dapat menimbulkan kesalahan dalam menafsirkan isi atau konteks dari bacaan sebenarnya. Ambigu juga sering ditemukan baik dalam bahasa yang disampaikan secara lisan maupun tertulis via chat.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2022), celebrities.id telah merangkum arti kata ambigu, berikut ulasannya.

Arti Kata Ambigu

Ambigu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dimaknai lebih dari satu sehingga kerap menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan dan lain sebagainya. Kata tersebut juga bermakna ganda atau taksa. Dalam jurnal ilmiah yang bertajuk Ambiguitas dalam Bahasa Indonesia oleh Trismanto (2018), ambiguitas berasal dari bahasa Inggris yakni ambiguity yang bermakna suatu konstruksi yang dapat ditafsirkan lebih dari satu arti. Ambiguitas sering juga dinamakan ketaksaan.

Ketaksaan dapat ditafsirkan mempunyai lebih dari satu makna akan sebuah konstruksi sintaksis (ilmu tata kalimat). Penggunaan ambigu bukan hanya mengacu pada ungkapan kalimat yang tidak jelas saja, namun juga mengacu pada sebuah kata. Sering terjadi dalam sebuah kata mempunyai dua arti yang berbeda, tergantung dimana kata tersebut digunakan dan dikontekskan.

Contoh Beberapa Kalimat Ambigu

1. Gadis desa Suka Maju yang baru pindah dari kota Jakarta terlihat sungguh manis.

- Penggunaan kata 'manis' dalam kalimat tersebut dapat bermakna ambigu atau ganda jika kita menelaah lebih dalam. Manis dalam kalimat tersebut bisa berarti cantik atau indah namun bisa juga dimaknai sebagai jenis rasa.

2. Baru sebulan diangkat oleh pemerintah Gabon menjadi pegawai negeri sipil, Dondon sudah berani mabuk-mabukan.

-Penggunaan kata 'diangkat' dalam konteks kalimat tersebut dapat bermakna ganda atau ambigu. Diangkat dalam kalimat tersebut dimaksudkan sebagai dilantik atau diresmikan, namun menjadi tafsir yang berbeda jika diartikan sebagai kata kerja.

 

1
/
2