Arti Kata Babayo dalam Bahasa Gaul yang Viral di TikTok

Oktiani Endarwati
Rabu 22 Juni 2022 13:30 WIB
Arti Kata Babayo dalam Bahasa Gaul yang Viral di TikTok
Arti kata Babayo dalam bahasa gaul yang viral di TikTok. (Freepik)

JAKARTA, celebrities.idArti kata babayo dalam bahasa gaul sering kali menjadi pertanyaan netizen di media sosial. Kata babayo memang viral di media sosial TikTok dan menjadi bahasa gaul baru yang cukup populer. 

Banyak pengguna media sosial menjadikan kata babayo sebagai bahasa sehari-hari. Lalu, apa arti kata babayo dan dari mana asalnya?

Berikut ini celebrities.id rangkum dari berbagai sumber mengenai arti kata babayo dalam bahasa gaul, Rabu (22/6/2022).

Arti Kata Babayo dalam Bahasa Gaul

Arti kata babayo adalah berbahaya. Kata babayo yang viral ini memang bukan dari bahasa Indonesia, melainkan bahasa daerah, tepatnya berasal dari bahasa Minang.

Dalam bahasa Minang, babayo artinya berbahaya. Babayo berasal dari penulisan berbahayo, yang kemudian disingkat dalam ucapan menjadi babayo. 

Babayo digunakan untuk mengingatkan akan bahaya atau hal-hal tertentu lainnya. Dalam hal ini, babayo menggambarkan sebuah situasi yang tidak aman bagi seseorang. Kata babayo juga bisa digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang memberikan dampak buruk atau negatif dan merugikan bagi seseorang.

Diketahui, kata babayo yang viral di media sosial TikTok ini muncul dari unggahan video akun @botakreras bersama adiknya yang bernama Ryan yang juga diduga berkebutuhan khusus. Dalam video yang viral tersebut, Ryan tidak sengaja mengucapkan kata babayo bersama sang kakak.

Ryan dan kakaknya terlihat sedang bermain dengan seekor berang-berang. Saat kakaknya memberikan seekor berang-berang kepada Ryan, dia kaget dan langsung mengucapkan kata babayo. Video tersebut ditonton jutaan kali hingga dibagikan ulang oleh pengguna TikTok.

Bahasa Gaul TikTok Lainnya

Ada banyak bahasa gaul baru yang bermunculan di media sosial TikTok. Bahasa gaul ini memang terkadang cukup membingungkan karena hanya beredar di pengguna TikTok dari Indonesia. Berikut ini bahasa gaul yang sering digunakan di TikTok.

1. TBL: Takut Banget Lho

2. YGY: Ya Gaes Ya

3. Prenjon: plesetan dari bahasa Inggris “Friendzone” yang artinya zona teman. Istilah ini untuk menggambarkan kondisi pertemanan antara perempuan dan laki-laki di mana hanya salah satu pihak mengalami ketertarikan atau suka.

4. Bestie: berasal dari bahasa Inggris “Bestfriend” yang artinya sahabat.

5. Swyamahifprmaiy: singkatan dari “So whenever you ask me again how I feel, please remember my answer is you.”

Editor : Oktiani Endarwati