Mengenal Arti Kata Demos dan Kratos, 2 Kata di Balik Istilah Demokrasi

Ratu Syra Quirinno
Rabu 03 Agustus 2022 06:49 WIB
Mengenal Arti Kata Demos dan Kratos, 2 Kata di Balik Istilah Demokrasi
Arti kata demos dan kratos. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Arti kata demos dan kratos mungkin masih asing didengar. Itulah kenapa banyak yang ingin tahu arti dari kedua kata tersebut.

Arti kata demos dan kratos

Merangkum berbagai sumber, Rabu (3/8/2022), demos memiliki arti rakyat dan kratos bermakna pemerintahan. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat yaitu pemerintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangat penting.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani Kuno (dฤ“mokratía) "kekuasaan rakyat", yang terbentuk dari (dêmos) "rakyat" dan (kratos) "kekuatan" atau "kekuasaan" pada Abad kelima sebelum masehi untuk menyebut sistem politik negara-kota Yunani, salah satunya Athena Klasik; kata ini merupakan antonim dari (aristocratie) "kekuasaan elit".

Demokrasi merupakan sistem pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat, di mana setiap orang dapat mengambil bagian perihal keputusan yang akan mempengaruhi kehidupannya dalam bernegara.

Bentuk pemerintahan demokrasi, yaitu semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.

Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, Adat dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi juga merupakan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan beserta praktik dan prosedurnya.

Landasan demokrasi yaitu kebebasan berkumpul, kebebasan berserikat dan berbicara, inklusivitas dan kesetaraan politik, kewarganegaraan, persetujuan dari yang terperintah, Hak suara, kebebasan dari perampasan pemerintah yang tidak beralasan atas hak untuk hidup, kebebasan, dan kaum minoritas.

Editor : Endang Oktaviyanti